Pengaruh Realistic Matematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SDN 39 Mataram
Penulis
Anisa Romdani , Muhammad Turmuzi , Vivi Rachmatul HidayatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1304Diterbitkan:
2025-08-20Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
Realistic Matematics Education (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah, MatematikaAbstrak
Kemampuan pemecahan masalah (problem solving) matematika merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting dalam pendidikan dasar, khususnya di kelas V sekolah dasar. Siswa diharapkan tidak hanya mampu melakukan operasi matematika dasar, tetapi juga mampu menerapkan konsep-konsep matematika dalam situasi nyata. Untuk mencapai kemampuan tersebut diperlukan beberapa cara salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat seperti model pembelajaran Realistic Matematics Education (RME). Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 39 Mataram. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen tipe quasi eksperimen design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 34 siswa kelas V SDN 39 Mataram. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji pra-syarat yaitu normalitas dan homogenitas. Kemudian uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan berdasarkan hasil analisis data memperoleh nilai sebesar 0,001<0.05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian, dilihat dari uji gain, nilai Mean dari Ngain skor sebanyak 0,4356, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Gain bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran Realisric Matematics Education (RME) berada pada kategori sedang. di tolak dan Ha diterima, yang menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SDN 39 Mataram.Referensi
Aam Amaliyah. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2190-13-6027-1-10-20210114 (1).
Annisa Ulfa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (Rme) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Tempuran.
Astuti, N. D., & Maryani, I. (2016). Perbandingan efektivitas pembelajaran konvensional dan kontekstual terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 85–94.
Amaliyah, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 45–53.
Danuria, W. A. A. N. C. E. S. (2024). Pengembangan E-Modul Matematika Model Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. PRISMA, 7, 547–553. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Fadillh, S., Karakter, P., Melalui, S., Matematika, P., & Fadillah, S. (t.t.). Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 5 Nomor 2, hal 1-13. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA (Vol. 6).
Freudenthal, H. (1991). Revisiting mathematics education: China lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers
Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: Freudenthal Institute
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2012). Educational research: Competencies for analysis and applications (10th ed.). Boston: Pearson Education.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilham Alamsyah. 2020. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman335075463.
Indah Fitriyani Firdaus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Gi Melalui Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Mi Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Pustaka Pelajar, 293-294.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of teaching (8th ed.). Boston: Pearson Education.
Maulida, N., & Suparman, S. (2021). Penerapan model Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 9(2), 150–158.
Melisa Antasari, S. M. H. 2020. Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(JP2MS), 270–281. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.4.2.270-281
Melyza, A., & Agus, R. M. 2021. Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Padang Cermin. Journal of Physical Education (JouPE), 2(1), 8–16.
Nanda Septiana. 2023. Implementasi Model Rme (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Kelas Iv Sdn Ngembe 1. Ebtida, 03.
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. 2021. Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Dalam PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1, Nomor 1).
Priti Amelia, M. W. R. N. 2024. Analisis Model Pembelajaran Pbl Menggunakan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Kelas Xi Sma Negeri 1 Angkola Selatan T.A 2023/2024.
Putra, A. M., Fuadi, H., & Handayani, T. 2023. Analisis Transformasi Tenaga Kerja Dari Sektor Pertanian Ke Sektor Non Pertanian Di Desa Pemepek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Dalam Jurnal Konstanta: Ekonomi Pembangunan (Vol. 2, Nomor 2).
Pratiwi, A., & Rusman, E. (2017). Efektivitas pendekatan konvensional terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 101–110.
Putri, R. I. I., Zulkardi, & Dolk, M. (2013). The use of contexts in realistic mathematics education: A learning trajectory for teaching fractions. Journal on Mathematics Education, 4(1), 1–8.
Priyatno, D. (2016). Statistik parametrik: Analisis uji hipotesis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suparno, P. (2012). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Silka Sofyani. 2023. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar.
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. 2018. Pengaruh Model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika How to Cite (APA 6 th Style): Susanti dan Nurfitriyanti. 03(02), 115–122. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Septiani, A., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2020). Penerapan pendekatan RME dalam pembelajaran pecahan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 12–20.
Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sani, R. A., & Madia, W. (2020). Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 25–34.
Wulandari, E. (2020). Pengaruh model pembelajaran RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 22–30.
Zainal, N. F. 2020. Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310
Zulkardi. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers. Enschede: University of Twente.
Zulkardi, & Gravemeijer, K. (2001). Learning fractions in a realistic context. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 15–26.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.