Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS
Penulis
Dinda Arini Azifah Putri , Ahmad Harjono , Hasnawati HasnawatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1276Diterbitkan:
2025-08-11Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
Pop-Up Book, media pembelajaran, hasil belajar, IPASAbstrak
Penggunaan media yang tepat dan inovatif dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, tidak terkecuali pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop-Up Book yang valid dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sistem pernapasan manusia mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Uji validitas dilakukan oleh tiga ahli materi dan satu ahli media, sedangkan uji keperaktisan melibatkan satu guru kelas V dan 32 peserta didik. Hasil uji kevalidan diperoleh presentasi 93,19% dari aspek materi dengan kategori sangat valid dan hasil kevalidan aspek media sebesar 90,47% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji kepraktisan hasilnya diperoleh presentasi sebesar 93,75% pada kelompok kecil, hasil uji kelompok besar diperoleh presentasi sebesar 90,31%, dan hasil respon guru kelas V memperoleh presentasi sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book yang dikembangkan masuk kategori sangat valid dan praktis digunakan pada pembelajaran IPAS sekolah dasar.Referensi
Anggita, A. D., Subekti, E. E., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 78-84.
Barsihanor, B., Hafiz, A., KMR, G. N., & Budi, I. S. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up Book Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 588-594. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2473
Cahyani, P. L., Harjono, A., Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Classroom Action Research, 6(3), 551-559. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.264
Chofifah, U. N., & Setiawan, B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di Mtsn 7 Tulungagung. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 40-61.
Cindy, N. L. C. R., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 449-465.
Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020). Penerapan Microsoft Paint Dalam Membuat Media 3D Kolaborasi Pop-Up Dan Movable Book. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 375-382.
Hidayah, N., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Bahan Ajar terhadap Kebutuhan Guru dan Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, X(2), 128–142.
Istiningsih, S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2025). Development Of Liveworksheets Assisted By Everycircuit To Improve Higher-Order Thinking Skills Of Prospective Elementary Teacher. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 11(1), 35-51.
Kholil, M., & Nisa, N. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Mi Dalam Mengelompokkan Jenis Tumbuhan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 236-254.
Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 860-873.
Mirnawati, M., Harjono, A., & Makhrus, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA (Fisika) Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 447-454. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.271
Nurlita, S., Maslihah, S., Rahman, A., & Retnawati, H. (2023). Efektivitas Pengembangan Modul Spldv Berbasis Adil Gender Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 556-562.
Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48-56.
Putra, D. K., Tahir, M., & Hasnawati, H. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 02 Sekongkang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1764-1771. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3471
Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, M., Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14114-14120.
Safitri, A., & Subayani, N. W. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 119-129.
Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. Ability: Journal Of Education And Social Analysis, 3(1), 30-36.
Simbolon, M. E., & Fitriyani, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 34-45.
Sirtufillaily, A., & Tahir, M. (2024). An Article Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Suku Sasak Pada Materi IPAS Bab 5 Kelas IV. Journal Of Classroom Action Research, 6(1), 140-146. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.6918
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-16.
Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 1-7.
Wira, A., Padang, A. T., & Barat, S. (2021). Validitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis android mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 3(1), 1-10.
Yusuf, H., & Istiyowati, L. S. (2023). Penelitian R&D dalam Bidang Teknologi Pendidikan (1 ed.). Bandung: Indonesia Emas Group.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.