Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Cerdas Terhadap Hasil Belajar Metamorfosis Makhluk Hidup Muatan IPAS Siswa Kelas III SDN Ngeru
Penulis
Dwi Sinta Berliani , Muhammad Erfan , Ilham HandikaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1267Diterbitkan:
2025-08-10Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
Media pembelajaran, monopoli cerdas, hasil belajar, IPASAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran monopoli cerdas terhadap hasil belajar metamorfosis makhluk hidup muatan IPAS siswa kelas III SDN Ngeru. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen, subjek yang digunakan sebanyak 34 siswa terdiri dari kelas III-A 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III-B 14 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar soal. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t pada SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa nilai dari post-test sebesar 4,677 dan nilai yang diperoleh berdasarkan nilai derajat kebebasan (dk) = 32 yaitu 2,037 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa > dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan rerata hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, yang berarti terdapat pengaruh media pembelajaran monopoli cerdas terhadap hasil belajar metamorfosis makhluk hidup muatan IPAS siswa kelas III SDN Ngeru.Referensi
Anggita, A. D., Subekti, E. E., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPAS di Kelas 4 SDN Panggung Lor. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 78-84.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Erfan, M., Dewi, N. K., Istiningsih, S., Wahyuningsih, B. Y., Aulia, A., & Aulia, A. R. (2025). Workshop Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Object 3D dan Augmented Reality Bagi Guru SDN 31 Cakranegara. Abdimas Mandalika, 4(3), 129-136. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Fadilah, E., Irianto, A., & Rusminati, S. H. (2022). Penggunaan Media Monopoly Education pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5827-5833.
Hidayanti, E. W., Rizal, S. U., & Mahmudah, I. (2024). The Implementation of Monopins Learning Media to Improve Student Learning Outcomes in Science and Technology Classes for Grade IV Students of Elementary School 1 Kalampangan. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 7(1), 62-77.
Hidayati, N. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-58.
Ishak, F. A., Mahmud, H., & Sarlin, M. (2023). Pengembangan Media Monopoly Smart Games Asean dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar. JAMBURA Elementary Education Journal, 4(1), 23-35.
Istiningsih, S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2025). Development of Liveworksheets Assisted by Everycircuit to Improve Higher-Order Thinking Skills of Prospective Elementary Teacher. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 11(1), 35-51. https://doi.org/10.22219/jinop.v11i1.25489.
Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 860-873.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255.
Rahayuningsih, S. H., Firdiawan, Y., Zulfiati, H. M., Hasanah, D., & Susanto, M. R. (2025). Pengembangan Media Monopoli Cerdas (MONCER) Bertema Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 443-450. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1257
Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, M., Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14114-14120.
Ridwan, M., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kata pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 1 Sabelia Tahun Ajar 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 184-191. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1095
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhelayanti, Syamsiyah Z, Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) (J. Simarmata & R. Watrianthos, Eds.). Yayasan Kita Menulis.
Widiyanti, N. M. D., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Games Smart pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 20-25.
Widiyatmoko, A. (2023). Teori Pembelajaran IPA. Penerbit NEM.
Yuliani, Y., Ilhamdi, M. L., Handika, I., & Istiningsih, S. (2025). Pengembangan buku digital e-book literasi (elit) pada materi system tata surya di SDN 5 Sukadana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1564-1568. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3397
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.