Pengembangan Media Cerita Bergambar (Komik) Materi Mengenal Tubuh Tumbuhan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 35 Cakranegara
Penulis
Lulu Chairunnisa , Muhammad Makki , HasnawatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1201Diterbitkan:
2025-07-14Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): Agustus (In Press)Kata Kunci:
Media Komik, Motivasi Belajar, Sekolah DasarAbstrak
Motivasi belajar sangat penting dalam memberikan semangat kepada siswa serta berperan dalam membimbing perilaku belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media cerita bergambar (komik) materi mengenal tubuh tumbuhan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 35 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan desain penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 35 Cakranegara, yang terdiri dari 19 siswa dan 1 guru sedangkan objek pada penelitian ini adalah media cerita bergambar (komik). Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Berdasarkan hasil kevalidan media cerita bergambar (komik) hasil uji validasi ahli materi memperoleh persentase 88% kategori sangat valid dan hasil uji validasi ahli media memperoleh persentase 91,81% kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan pada respon siswa uji coba kelompok kesil memperoleh persentase 89% kategori sangat praktis, uji coba kelompok besar memperoleh persentase 90,81% kategori sangat praktis dan respon guru memperoleh persentase 88% kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media cerita bergambar (komik) dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi mengenal tubuh tumbuhan yang dapat meningkat motivasi belajar siswa.Referensi
Adesfiana, Z. N., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152.
https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14050
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Andiansah, R. Y., & Amalia, N. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kurang Optimalnya Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 1 Sobokerto, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 135–145.
https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126062
Chairunisa, N. A., Mursalin, & Ntobuo, N. E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kolaboratif Jire Berbasis IT (Information and Techonology) Materi Suhu dan Kalor Fisika. Jurnal IDEAS, 8(3), 805–812.
https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.712
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Emilia, Ratnawati, & Subhan, M. (2022). Pengembangan Media Komik untuk Pembelajaran IPA Tema Berbagi Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8259–8267.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3663
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36–42.
https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259
Fawziah, E., Yani, A. P., & Idris, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMAN 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 73–79.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.
Ferania, M., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media KOMPAS (Komik IPA SD) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 489–499.
https://doi.org/10.5281/zenodo.7350382
Fitria, Triandita, R. I. N. K. R., Mangimbulude, J. C., & Karwur, F. F. (2019). Pengembagan Media Pembelajaran Komik Materi Gaya. Sains Medika, 5(2), 113–120.
Harefa, E. P., Waruwu, D. P., Hulu, A. H., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website dengan Menggunakan Model ADDIE. Journal on Education, 6(1), 4405–4410.
https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3581
Ibrahim, D., & Suardiman, S. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66–79.
https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Kamaladini, Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Masyarakat Mandiri, 1(1), 93–100.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Peserta Didik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: KENCANA.
Marinda, L. (2020). Piaget dan Problematikanya. Jurnal An-Nisa: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.
https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musamalah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil. 9(1), 54-60.
https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Nursy, A., Wintarti, A., & Prihartiwi, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Novel “Plus and Minus” Berbasis Smartphone untuk Materi Bilangan Bulat SMP. Jurnal Mathedunesa, 12(3), 698–719.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Sardiman, A. M. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, R. K., Chan, F., Hayati, D. K., Syaferi, A., & Sa’diah, H. (2020). Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran IPA di SD Negeri 80/1 Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 63–79.
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3146
Shomad, M. A., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Journal Of Technolgy Mathematics And Social Science, 2(2), 1–5.
http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Siska, J., & Kristiawan, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5035–5042.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1570
Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan. Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo.
Solihah, S. A. S., Suherman, & Fadhullah. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135.
http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suniasih, N. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Neurosanis Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Model Inkuiri. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 417–429.
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542
Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851.