Transformasi Pembelajaran di Politeknik Pelayaran Malahayati: Evaluasi Kinerja Institusi dalam Transisi dari Offline ke Online
Penulis
ACHMAD ZULTAN MANSUR , Achmad Zultan MansurDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.1091Diterbitkan:
2025-05-30Terbitan:
Vol 6 No 2 (2025): MayKata Kunci:
Evaluasi Kinerja, Kepuasan Peserta Diklat Pembelajaran Online, Teknologi Informasi.Abstrak
Politeknik Pelayaran Malahayati di Aceh telah bertransformasi dari sistem konvensional menjadi sistem berbasis teknologi informasi untuk menjawab tantangan era digital dan meningkatkan layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja institusi dalam melayani peserta diklat peningkatan, khususnya dalam transisi dari pembelajaran offline menjadi online, sebagai respons terhadap perkembangan teknologi informasi. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Tingkat kepuasan peserta diklat dianalisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja institusi terhadap pelayanan peserta diklat dikategorikan memuaskan dengan nilai persentase CSI sebesar 73,11%. Namun, masih terdapat area yang perlu ditingkatkan, seperti optimalisasi teknologi informasi dalam pembelajaran, kecepatan respons terhadap permasalahan peserta diklat, sistem penerbitan sertifikat, dan kenyamanan ruang tunggu. Untuk memaksimalkan potensi dan menjangkau masyarakat lebih luas, Politeknik Pelayaran Malahayati perlu mengembangkan strategi seperti platform e-learning untuk masyarakat umum, kerja sama dengan sekolah, pemanfaatan media sosial, dan penyelenggaraan webinar serta pelatihan daring.Referensi
Adilla, D., Azizi, F., & Aryandani, A. (2024, June). Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pembelajaran PJOK. In Seminar Nasional LPPM Ummat (Vol. 3, pp. 837-845).
Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem manajemen pembelajaran pada masa pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1-10.
Ahmad, A. K., Rahayu, K. M., & Lisnawati, S. (2023). Pembelajaran berbasis e-learning di madrasah dalam peningkatan kualitas pendidikan: Kasus MTsN Al Azhar. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 21(3), 275-289.
Gani, A. G. (2018). e-Learning sebagai peran teknologi informasi dalam modernisasi pendidikan. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 3(1), 1-19.
Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44.
Herliyani, E., Wardana, K. N. H., & Witari, N. N. S. (2022). Pembelajaran Artsteps, Minat Penerapan Teknologi Pameran Online, dan Kepuasan Mahasiswa dalam Berkarya. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 58-72.
Irawan, D. E., Purnomo, A., Sutiksno, D. U., Abraham, J., Alamsyah, A., Saputra, D. H., & Rosyidah, E. (2018). Kajian Pendidikan Tinggi IDRI untuk DPR RI dan Ristek Dikti 2018.
Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760-768.
Mulatsih, R., Wahyudi, E., & Sumantri, A. S. (2018). Manajemen kualitas pelayanan transportasi laut dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada jasa bongkar muat. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 14(2), 151-160.
Parjaman, T., & Akhmad, D. (2019). Pendekatan penelitian kombinasi: sebagai “jalan tengah” atas dikotomi kuantitatif-kualitatif. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(4), 530-548.
Prasetyo, R. (2019). Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Sekretariat Badan Pelatihan Dan Pendidikan Keuangan (BPPK) Jakarta [Unpublished manuscript].
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis kompetensi guru dalam mempersiapkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi era revolusi industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133-141.
Richards, K. A. R., & Hemphill, M. A. (2018). A practical guide to collaborative qualitative data analysis. Journal of Teaching in Physical Education, 37(2), 225-231.
Rofiki, M., Rahmah, A., & Rohmah, N. (2024). Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal: Upaya Peningkatan Kuantitas Santri di Era 4.0. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(6), 7629-7639.
Syifa, A. (2020). Evaluasi Penerapan E-Learning Melalui Model CIPP Di Program Studi Psikologi Islam Iain Pontianak. Jurnal As-Salam, 4(2), 180-194.
Utamiingsih, S., Akbar, M., Silalahi, K., Hutagalung, J., Maretta, L., & Nasiroh, N. (2024). Peran struktur organisasi osis smp n 16 dalam pengembangan tim yang efektif. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 4(3), 366-371.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.
Wahyudi, M., Purnama, R. A., Atrinawati, L. H., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi dampak teknologi pembelajaran aktif di institusi pendidikan kejuruan menengah. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 142-153.
Wibisono, D. (2019). Analisis Dan Usulan Perbaikan Kualitas Layanan Dengan Menggunakan Matriks Importance Performance Analysis (Studi Kasus: Sekolah XYZ). Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 1(2), 14-20.
Wulandari, R. R. S., SiT, S., MTr, M., & Cahyadi, C. T. (2025). Strategi membangun SDM unggul di sektor pelayaran: fokus pada pendidikan maritim. Smart Global Nusantara.
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5).
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.