Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII
Penulis
Nadilla Yasmiadi , Syahrul Azmi , Ratna Yulis Tyaningsih , ArjudinDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.1052Diterbitkan:
2025-05-08Terbitan:
Vol 6 No 2 (2025): MayKata Kunci:
Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis bagi siswa kelas VIII di SMPN 1 Praya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan two group randomized subject post-test only. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Praya dengan sampel kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol dan VIII 9 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model discovery learning pada pembelajaran bangun ruang kubus dan balok terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Praya tahun ajaran 2024/2025, dimana pengaruh yang diberikan termasuk kategori besar dengan nilai keberartian sebesar 1,02. dan 2) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung > ttabel (3,966 > 1,672). Nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88,03 sedangkan kelas kontrol sebesar 79,17. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model discovery learning pada pembelajaran bangun ruang kubus dan balok terhadap kemampuan komunikasi matematis siswaReferensi
Alfitri, S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Pekanbaru: Guepedia.
Azmi, S., Hayati, L., Hapipi., & Triutami, T.W. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA, 16(2), 163-169. doi:https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.249
Fahmi, A. N., Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(6), 705-716. Diperoleh dari https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/93620558/pdf-libre.pdf?1667519106=&response-content-
Hartatin. S.K., Arjudin., Kurniati, N., & Amrullah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 6 Mataram. Griya Journal og Mathematics Education and Application, 1(3), 421-432. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.78
Astuti, A., & Leonard. (2018). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102-110. doi:https://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91
Bastian, T., Maulida, A. H, & Ningsih, M. F. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Siswa Belajar SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 47-52. doi:https://doi.org/10.31941/delta.v6i1.649
Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-43. doi:https//doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220
Hakim, F., Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII di MTSN 04 KBB Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(2), 435-444. doi:https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.22038
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu, 7(1), 9-18. Diperoleh dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kemampuan+komunikasi+matematis+dalam+pembelajaran+matematika&btnG=#d=gs_qabs&t=1745311728089&u=%23p%3DvzCD_zSsNS0J
Lestari, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar. Matematika. Jurnal SAP, 2(1), 64-74. doi:https://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1724
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish
Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Purwanto, E. W., Richardo, R., & Jufri. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah- Langkah Polya untuk Kelas VII SMP Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 2(1), 1-6. Diperoleh dari https://www.neliti.com/publications/110832/pengembangan-lks-berbasis-pemecahan-masalah-berdasarkan-langkah-langkah-polya-un
Rahman, L. L., Rusyana, A., & Yulisma, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis LKS Tipe Word Square Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1):, 33-38. doi:https://dx.doi.org/10.251557/j-kip.v2i1.4814
Sari, L. K., Noer, S. H., & Bharata, Haninda. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 4(2):, 1-10. Diperoleh dari https://core.ac.uk/download/pdf/295479684.pdf
Setiawan, T. H. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Ekonomi Universitas Pamulang Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Saintika Unpam, 1(1), 56–73. doi:https://scholar.google.com/scholar?cluster=17691012520199255665&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5#d=gs_qabs&t=1745321631722&u=%23p%3DcfZ29ycag_UJ
Subakti, Hani dkk.(2022). Esensi Pembelajaran Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Medan. Yayasan Kita Menulis.
Syawal, G. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Turmuzi, Muhammad. (2016). Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: UNRAM Press.
Tyaningsih, R. Y., Hayati, L., Sarjana, K. Sridana, N., & Sudi Prayitno. (2022). Penerapan Metode Gamifikasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang Melalui Aplikasi Kahoot . Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 317-326. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v212.202
Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Ploblem Posing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal of Classroom Action Research, 5(1),315-325. doi:https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4696
Wulandari, W., Azmi S. Kurniati , N., & Hikmah, H. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455-43. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86