Pengembangan motorik kasar melalui permainan tradisioanal lompat tali pada anak usia 5-6 tahun di TK Bangundaya Desa Mpili Kecamatan Donggo
Penulis
Alda , Ihlas , Retno NingsihDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1047Diterbitkan:
2025-06-28Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): Agustus (In Press)Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Literasi Al-Qur’an, The Loss Of AdabAbstrak
Penelitian ini menganalisis perkembangan motorik kasar pada anak usia dini di TK Bangundaya melalui permainan tradisional lompat tali. Perkembangan motorik kasar merupakan aspek penting yang harus diperhatikan sejak dini karena dapat memengaruhi perkembangan anak di masa depan. Salah satu metode yang efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak adalah melalui permainan tradisional, seperti lompat tali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan tahapan analisis Miles dan Huberman serta disajikan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak usia 5–6 tahun di TK Bangundaya Donggo Mpili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang terstruktur, seperti permainan tradisional lompat tali, secara signifikan meningkatkan keterampilan motorik kasar anak, termasuk keseimbangan, kelincahan, koordinasi, serta kekuatan tangan dan kaki. Dalam mengembangkan motorik kasar anak, TK Bangundaya memberikan pengalaman belajar yang baik melalui penyediaan fasilitas dan ruang yang memadai serta guru-guru yang kreatif. Namun, pola asuh yang kaku dan kurangnya pemahaman orang tua terhadap pentingnya aktivitas fisik menjadi tantangan dalam pengembangan motorik kasar anak. Ke depannya, TK Bangundaya perlu meningkatkan kerja sama antara sekolah dan orang tua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan motorik kasar anak.Referensi
Abdul Fattah Nasution. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.
Abdurrahman. (2024). Konsep Pendidikan Adab dalam Kitab Ta ’ lim al-Muta ’ allim Karya Imam al-Zarnuji : Kajian Literatur The Concept of Adab Education in the Book of Ta ’ lim al-Muta ’ allim by Imam al-Zarnuji : Literature Review. TARBIYAH : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 182–201.
Ahmad, Harits, A., Hermasnyah, & Mulyadi, W. (2024). Peningkatan Literasi Melalui Program Study Tour Di Sekolah Dasar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 151–163.
Ahmad, Syarifuddin, Fuaduddin, Riningsih, & Iriyanti. (2024). the Effect of Teaching At the Right Level (Tarl) Approach on Literacy Skills of Primary School Students. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.24252/auladuna.v11i1a3.2024
Ahmad, Umar, Ramadhan, S., & Jatanti, M. I. (2023). Menumbuhkan Karakter Positif Siswa Melalui Tayangan Inspiratif di SDN Inpres Nanga Ni’u Desa Karampi. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 7(1), 119–131.
Ardiansyah et al. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 1–9.
Azizah, H. N., Azizah, A., & Riyadi, A. (2025). KONSEP STUDI ISLAM PERSPEKTIF TAFSIR IBNU KATSIR : ANALISIS Q . S . LUQMAN AYAT 12-15. Jurnal Studi Islam, 02(01), 212–223. https://doi.org/10.33752/mjsi.v2i01.7909
Djumali, & Wijayanti, E. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 Di Smk Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 31–40.
Elfi Rahma, Hertati, M. (2025). TANTANGAN DAN SOLUSI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8, 3400–3405.
Fitriani, D., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 489–499. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840
Hamka, M. (2024). Adab sebagai Jembatan antara Ilmu dan Amal dalam Pembentukan Karakter Siswa Adab as a Bridge between Knowledge and Deeds in Shaping Students ’ Character. TARBIYAH : Jurnal Pendidikan Dan Pembejalaran, 1(2), 132–142.
Ihsan, M. S., & Haqiqy, A. (2024). Islamika URGENSI KONSEP TA ’ DIB PERSPEKTIF SYED NAQUIB AL ATTAS DALAM RANAH PENDIDIKAN ISLAM : Tinjauan Filosofis. 1(2), 195–206.
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Mulyani, S. (2023). Strategi Sekolah Dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa Di Smp Negeri 4 Satu Atap Kedungreja Tahun Pelajaran 2021/2022. Qalam: Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 1–20. https://doi.org/10.57210/qlm.v4i01.236
Nur Safaat, A. W. (2024). Konsep Zuhud Menurut Syekh Abdul Qodir Al Jailani: Studi Kitab Tafsir Al Jailani. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 4(2), 106–121. https://doi.org/10.28926/sinda.v4i2.1532
Observasi. (2025). No Title.
Saleh, A. H. (2020). Permasalahan Bangsa Dalam Perspektif Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Al-Aqidah, 12(1), 29–47. https://doi.org/10.15548/ja.v12i1.1566
SHOFIY MAFTAH ROZANI. (2024). Nilai-nilai pendidikan islam dalam surah luqman ayat 12-19 dan kontribusinya untuk penguat pendidikan karakter anak prespektif tafsiral-azhar karya prof. dr. hamka.
Soddiq, M., Wijoyo, T., & Arifin, M. S. (2025). Membangun Generasi Berkarakter melalui Literasi Materi PAI di Sekolah Dasar. 2(1), 1–9. https://doi.org/10.62387/naafijurnalilmiahmahasiswa.v2i1.107
Surah, D., & Ayat, L. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 (PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH DAN TAFSIR IBNU KATSIR). 19.
Syarifuddin, K., & Jinan, M. (2022). Pendidikan Karakter Di Era Disrupsi Dalam Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas.
Umiati, U. (2021). Sekolah Berbasis Al-Qur’an Di Smp Takhassus Al-Qur’an Sultan Fattah Cilacap.
Wafa, Z. (2023). Pendidikan Karakter dan Dakwah Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Perpektif Tafsir Tematik. Jurnal Ad-Da’wah, 21(1), 52–69.
Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193
Wawancara. (2025). No Titl.
Yulian Dinihari, Musringudin, L. (2024). Membangun literasi anak dalam pendidikan islam di sekolah dasar. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD.
Zain, M. (2021). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR AL-MISBAH QS.LUQMAN AYAT 12-19 Disusun.