Pembelajaran dalam pengembangan sosial emosional anak usia dini di TK Yaa Karim Kota Bima
Penulis
Safira Amalliah , Hendra , Sri JamilaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1015Diterbitkan:
2025-06-29Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): Agustus (In Press)Kata Kunci:
Pembelajaran, Social Emotional, Anak Usia DiniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran dalam pengembangan sosial emosional anak usia dini di TK Yaa Karim. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh guru dalam mendukung perkembangan sosial emosional anak serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research), menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengikuti tahapan yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sosial emosional di TK Yaa Karim dilaksanakan melalui berbagai metode interaktif, di mana guru senantiasa memberikan perlakuan yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Untuk mendukung perkembangan sosial emosional anak, guru juga memanfaatkan program rutin “Jus Mantap” (Jumaat Iman dan Takwa) yang berfokus pada pembentukan karakter dan penguatan nilai-nilai sosial emosional anak. Adapun tantangan yang dihadapi oleh guru antara lain kurangnya keterlibatan wali murid secara efektif sebagai bentuk kolaborasi dalam mendukung proses belajar anak, serta dampak negatif teknologi yang menyebabkan penurunan minat belajar anak. Secara keseluruhan, keterampilan guru sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan dan pembelajaran, sehingga menjadi sinyal penting untuk terus meningkatkan mutu pengajaran di masa mendatang.Referensi
Afrianti, N. (2014). Permainan Tradisional , Alternatif Media Pengembangan Kompetensi Sosial-Emosi Anak Usia. Ckrawala Dini, 5(1), 1–12.
Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Ed. 1 Cet.). Rajawali Pers.
Anwar, M. R., Palmin, B., & Neno, M. E. N. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia …, 4(1), 76–83. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/1100
Arisanti, F., Wahyudi, M., & Muttaqin, M. ‘Azam. (2024). Pendekatan Holistik Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Menyelaraskan Aspek Kognitif, Emosional Dan Sosial. Journal of Early Childhood Education Studies, 4, 33–72. https://silabus.org/pendekatan-holistik-paud/
Azizah, N. (2024). Sinergi Guru dan Orangtua dalam Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Islam di TK Sirojul Ulum Pesanggrahan Laren Lamongan. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 7–13.
Azizah, N., Mutolib, A., Adilla, F., Fadiahusna, S., & Hasanah, L. (2024). Ragam Metode Pembelajaran Menarik Untuk Anak Usia Dini : Konsep Dan Praktek. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 75–83. https://doi.org/10.24853/yby.8.1.75-83
Baidha, P. S. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk Fatimah Palembang. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 3(01), 203–210. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v3i01.877
Berutu, R. E., & P, J. H. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional sebagai Dasar Pemikiran Karakter Anak Usia Dini. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11425–11431. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Cici, C., & Supriadi, S. (2024). Inovasi dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 23–44. https://doi.org/10.37092/bouseik.v2i1.738
Ekawati, S., & Prasetyo, D. (2023). Pola Asuh Orang Tua terhadap Sosial Emosional Anak di Era Digital ( Studi Kasus Pada TK Lestari Wiyata Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan ). JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 59–66.
Faudillah, A. N., Khadijah, K., Putri, H. A., Munthe, A. F., & Ramdhani, A. S. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Ami: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(1), 13–18.
Hanifah, S., & Kurniati, E. (2024). Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mengelola Emosi Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 7(1), 26–33. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.291
Khadijah, K., Putri, H. A., Akhiriyah, A. F., Nasution, A. Z., Pratiwi, E. S., Harahap, M. J., & Rahmawati, N. (2024). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 137–146. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2860
Kholifah, S. N., & Rizqiyani, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Di Tk Darul Muttaqin Desa Bulu Sari Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i1.5802
Kurniawan, F. A., & Nakhma’ussolikhah. (2025). Studi Literatur Dampak Negatif Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Journal of Management and Social Sciences, 4(1), 177–183.
Luvita, Z. O., & Rahma, A. (2025). Upaya guru meningkatkan sosial emosional anak di TK Aba Sekampung Lampung Timur. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Volume, 11(1), 91–115. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3404.3
Miles, Matthew B & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kuaitatif : buku Sumber metode-metode baru. UI- Press. UI Press.
Nasution, F., Tanjung, K. H., Rahayu, A. H., Sari, I. P., & Yulianti, N. (2023). Peran Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 113–120. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.4613
Nursapia Harahap. (2020). penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal ashri Punhlising.
Prof. Dr. sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R & D, Op.cit, h.300.
Rahmadani, S., & Malik, L. R. (2024). Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Untuk Mendukung Pengasuhan Positif Pada Anak Usia Dini. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 9(3), 157–168.
Rahmawati, A., Halida, & Amalia, A. (2024). UPAYA GURU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BANDARA SUPADIO KUBU RAYA. Jurnal Edukasi, 2(6), 377–384.
Rambe, R. S. (2024). Hubungan Kompetensi Sosial Guru terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia 4-5 Tahun. Ananda: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 01(1), 1–11.
Rusnedy, H., Tanjung, L. S., Hidayat, H., & Priyatno, A. M. (2024). Penyuluhan Tentang Dampak Positif Penggunaan Gadget Bagi Anak Usia Dini. Journal of Digital Community Services, 1(2), 01–05. https://doi.org/10.69693/dcs.v1i2.7
Solihah, Z. A., Qonita, Q., & Mulyana, E. H. (2024). Upaya Guru dalam Mencapai Kematangan Kemampuan Sosial Emsoional Anak melalui Bermain Peran. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 208–213. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7232
Sudaryanti, S., Prayitno, P., Arifiyanti, N., & Maharani, O. (2024). Pengembangan Kemampuan Motorik dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 114–125. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.387
Sutiyono, A., & Apriliana, E. N. (2025). Evaluasi Proses Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Era Digital: Pendekatan Model Countenance Stake. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education), 13(1), 69–79.
Tazkia, H. A., & Damayanti, A. (2024). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dasar di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.557
Ulfa, A., & Uce, L. (2024). Hubungan Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(6), 468–477.
Unggul, A., & Sajawandi, L. (2024). Analisis Perubahan Perilaku pada Anak Usia Dini yang Kecanduan Gawai. Jurnal Cerlang Pendidikan Anak Usia Dini (JCPAUD), 1(2), 16–22. https://doi.org/10.37640/jcpaud.v1i2.
Yuliani, R. D., & Hanif, M. (2024). Peran Guru Dalam Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada TK Aisyiyah Muhammadiyah Wangandowo. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 158–168.