Pengembangan E-Modul Berbasis Etnosains Alat Transportasi Cidomo Dengan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah
Authors
Yulia Hasan , Susilawati , Yayuk AndayaniDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.994Published:
2025-05-08Issue:
Vol. 6 No. 2 (2025): MayKeywords:
e-modul, etnosains cidomo, Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis, pemecahan masalah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis etnosains alat transportasi cidomo dengan model Problem Based Learning (PBL) yang layak, praktis, dan efektif guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 3 Mataram. Hasil validasi menunjukkan komponen e-modul berbasis etnosains alat transportasi cidomo dengan model PBL yang dikembangkan sangat layak dengan nilai validitas isi sebesar 0.92 pada kategori sangat valid. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa e-modul dikembangkan sangat praktis untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini terlihat dari data nilai kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 88.64, respon guru sebesar 81.59, dan respon peserta didik sebesar 81.10 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji n-gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0.85 dan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0.77 dengan kriteria tinggi yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan e-modul berbasis etnosains alat transportasi cidomo dengan model PBL efektif. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis etnosains ini sangat layak, sangat praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik.References
Aiken, L. R. 1985. "Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings". Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alfiana, A., dan Fathoni, A. 2022. "Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar". Jurnal Basicedu, 6(4), 5721–5727. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3123.
Andelia, S. K., Setianingsih, R., dkk. 2024. "Penerapan Problem-Based Learning dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Materi Segi Empat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII". Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1552–1531. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3242.
Arends, R. I. 2012. Learning To Teach, 3 ed. New York: Mc Graw Hill.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, 15 ed. Jakarta: Rineka Cipta.
Aripin, W. A., Sahidu, H., dkk. 2021. "Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik". Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.120.
Budiarti, I., dan Airlanda, G. S. 2019. "Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis". Jurnal Riser Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.
Dani, R., Jufrida, J., dkk. 2022. "PENGEMBANGAN E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Materi Momentum Dan Impuls Sma Kelas X". Physics and Science Education Journal (PSEJ). https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1290.
Dipraya, N. W., dan Suwito, D. 2015. "Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (Tps) Pada Mata Diklat Membaca Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 7 Surabaya". Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 17–25.
Dwi Wulandari, Maison, M., dkk. 2023. "Identifikasi Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika". Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 93–99. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.817.
Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois, diambil dari https://education.illinois.edu/docs/default-source/faculty-documents/robert-ennis/thenatureofcriticalthinking_51711_000.pdf.
Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement methods in introductory mechanics courses. Bloomington, diambil dari https://web.physics.indiana.edu/sdi/IEM-2b.pdf.
Hardian Saputra, D., dan Mahariyanti, E. 2024. "Efektifivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis History Article", 2(1), 7–13.
Helaludin 2019. "Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi". Pendais, I(skor 403), 44–55.
Hikmawati, H. 2014. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal Pada Matapelajaran Fisika Sma". Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(1), 33. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.1054.
Hikmawati, Suastra, I. W., dkk. 2021. "Local wisdom in Lombok island with the potential of ethnoscience for the development of learning models in junior high school". Journal of Physics: Conference Series, 1816(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1816/1/012105.
Intania Shafa, S., Wibowo, T., dkk. 2023. "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi". Jurnal Sains dan Teknologi, 5(1), 434–440. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1614.
Isnaniah, N., dan Masniah 2022. "Pembelajaran Fisika Berbasis Etno-STEM melalui Permainan Tradisional Kalimantan Selatan". Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 02(01), 116–121.
Jonassen, D. H. 2011. Learning to Solve Problems A Handbook for Designing Problem Solving Learning Environments. Columbia: Routledge.
Maulani, G., Septiani, S., dkk. 2024. Evaluasi Pembelajaran. Banten: PT SADA KURNIA PUSTAKA.
Mayer, R. E. 2014. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. (Richard E. Mayer, Ed.). California: Cambridge University Press, https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369.
Munandar, R., Ika Ristanti, C., dkk. 2022. "Analisis Potensi Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kecintaan Budaya Lokal Masyarakat Bima". Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i1.169.
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., dkk. 2021. "Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah". Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952.
Nurhayati, E., Andayani, Y., dkk. 2021. "Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM Dengan Pendekatan Etnosains". Chemistry Education Practice, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2768.
Pertiwi, U. D., dan Rusyda Firdausi, U. Y. 2019. "Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains". Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 120–124. https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476.
Polya, G. 2004. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Rahmadhani, S., dan Efronia, Y. 2021. "Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital". JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 5–9. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16.
Schoenfeld, A. H. 1992. Learning to think mathematically: Problem solving, metacognition, and sense making in mathematics. Macmillan, diambil dari https://www.researchgate.net/publication/289963462.
Selviani, F., Oktarisa, Y., dkk. 2024. Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pemanasan Global untuk Memfasilitasi Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa.
Suraji, Maimunah, dkk. 2018. "Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)". Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897.
Susino, S. A., Destiniar, D., dkk. 2023. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA". Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2918.
Sweller, J., Ayres, P., dkk. 2011. Cognitive Load Theory. California: Springer Publisher.
Syafindri, S., Kholik, K., dkk. 2023. "the Relationship Between Gastrointestinal Worms Prevalence and Age of Cidomo Drilling Horse in Mataram City". Jurnal Biosains Pascasarjana, 24(1SP), 30–38. https://doi.org/10.20473/jbp.v24i1sp.2022.30-38.
Syazali, M., dan Umar, U. 2022. "Peran Kebudayaan Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia: Studi Literatur Etnosains". Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 344–354. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.2099.
Thiagarajan, S. 1974. "Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.".
Utari, R., Andayani, Y., dkk. 2020. "Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Dengan Mengangkat Kebiasaan Petani Garam". Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 478–481. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2081.
Wahyu, Y. 2017. "Pembelajaran berbasis etnosains di sekolah dasar [Ethnoscience-based learning in elementary schools]". Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 140–147.
Widayanti, K., Amaliah, A. K., dkk. 2022. "37. Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Pada Sekolah Menengah Atas Mata Pelajaran Fisika: Studi Literature". SNPPM-4 (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), 4, 117–122.
Widyaningrum, R. 2018. "Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Dan Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar". Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2), 26–32. https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2257.