Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika
Authors
Hafizatil Adni , Siti Istiningsih , NurhayatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.709Published:
2025-03-08Issue:
Vol. 6 No. 2 (2025): In PressKeywords:
Teaching at the Right Level, keaktifan siswa, pembelajaran matematika, pembelajaran diferensiasi,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 48 Cakranegara pada siswa kelas IV, dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil observasi menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keaktifan siswa, dari 62% (kriteria baik) pada siklus pertama menjadi 81% (kriteria sangat baik) pada siklus kedua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dalam pembelajaran matematika efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, yang tercermin dalam peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, menyampaikan ide dan mendengarkan instruksi guru. Pendekatan TaRL dapat mengatasi kesenjangan kemampuan siswa dengan memberikan pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan tingkat kemampuan masing-masing siswa serta dapat mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baikReferences
Annadzili, M. D., Nursangaji, A., Kalsum, U., Tanjungpura, U., Artikel, I., Belajar, A., Kelas, P. T., Tindakan, P., Kolaboratif, K., & Education, J. (2024). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan TaRL pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Education and Development, 12(2), 129–134.
Astuti, E. T., Lusiana, R., & Musta’in. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 87–95. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.455
Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., Hapsari, A. D., Juliadilla, R., Sari, R. P., & Anggraini, H. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.
Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., Muhammadong, Saraswati, S., Muhsam, J., Listiyani, L. R., Rahmawati, H. K., Wijayanti, W. N. Y., Maiza, M., Tarjo, & Astuti. (2021). Penelitian tindakan kelas panduan lengkap dan praktis. In Dalam Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.
Jayanti, M. K., Nuroso, H., & Sumarmiyati, S. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jambura Journal of Community Empowerment, 146–159.
Muharromah, S. D., & Ibrahim, M. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Numbered Heads Together (NHT) untuk Mengurangi Dominasi Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 343–351.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pin Harjanti, & Prastiyo, A. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SD Negeri Condongcatur Sleman. Aksi Nyata : Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan, 1(4), 39–62. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/aksinyata.v1i4. 671
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi Bagaimana trend capaian tersebut ? dan sejauh mana perubahan kurikulum selama ini berdampak pada. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Qurani, N., Nasrullah, N., & Wahyu, F. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Global Journal Education Humanity, 1(2).
Rohani, R., Merta, I. W., & Wijayanti, T. S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 Melalui Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Kependidikan, 8(2), 90–95.
Ruliani, I. D., Harun, L., Purwati, H., & Windiarti. (2024). Penggunaan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(5), 82–91.
Salo, Y. A. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas Vii Smpn 6 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 297–304.
Teranikha, E., Fatonah, S., & Saputro, S. A. (2024). Penggunaan Model Teams Games Tournament untuk meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 24–29. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.367
Wardhani, D. K. (2017). Peran guru dalam menerapkan pembelajaran matematika yang menyenangkan bagi anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 153–159.
Wulandari, D. P., Budiarti, R., & Utami, R. E. (2024). Inovasi Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Terhadap Peserta Didik. Widya Accarya, 15(2), 105–109.
Yuono, A. T. V. P., Moh.Toharudin, & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ii Di Sdn Klampok 01. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(5), 282–288. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.