Etika Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur'an Dan Hadits: Landasan Moral Bagi Pendidik
Authors
Muhammad Zaki Nurzam , Fathul MaujudDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.603Published:
2025-01-10Issue:
Vol. 6 No. 1 (2025): In PressKeywords:
Etika Pendidikan; Landasan Moral; Perspektif Al-Qur'an.Abstract
Penelitian ini sangat penting mengingat peran pendidikan dalam membentuk karakter dan moral generasi masa depan, yang saat ini dihadapkan pada tantangan zaman yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadits yang berkaitan dengan etika pendidikan serta menganalisis penerapan prinsip-prinsip etika pendidikan Islam dalam sistem pendidikan modern. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode library research, yang memanfaatkan literatur primer berupa Al-Qur'an dan kitab Hadits, serta referensi sekunder seperti buku, jurnal ilmiah, dan artikel yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai etika yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadits sangat penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Prinsip-prinsip etika ini berfungsi sebagai landasan moral dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks. Implementasi prinsip-prinsip tersebut diharapkan dapat membantu membangun siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik dan tanggung jawab sosial.References
Aisyah, Siti, ‘Islamic Education Review Integrasi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Karakter Dalam Membangun Generasi Berakhlak Mulia Di Lingkungan Pendidikan Vol 1 , No 1 , Juni 2024 , ISSN, 1.1 (2024), pp. 60–73
Ardiningrum, Aufaa Dzakiy, Farah Nida Maulidya, and Indah Rahayu, ‘Membentuk Generasi Milenial Qur’ani Melalui Pembelajaran PAI’, Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 2021, doi:10.52166/tasyri.v28i1.115
Arip, Samsuri, A. Gani, and Amirudin Amirudin, ‘Konsep Adab Menuntut Ilmu Perspektif Ibnu Jama’ah Dalam Kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim Fi Adabil ‘Aalim Wal Muta’Allim Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2023, doi:10.54371/jiip.v6i4.1885
Bassar, Agus Samsul, Uus Ruswandi, and Mohamad Erihadiana, ‘Pendidikan Islam: Peluang Dan Tantangan Di Era Global Dan Multikultural’, J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2021, doi:10.18860/jpai.v8i1.9577
Forijati, and Ridwan, ‘Revitalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Kompetensi Dan Ketrampilan Hidup (Menuju Gerbang Knowledge Age)’, in Seminar Nasional Pendidikan Pembelajaran 2017, 2017
Hawa, ‘Jurnal Pendidikan : Kajian Dan Implementasi Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Jurnal Pendidikan : Kajian Dan Implementasi’, 6.1 (2020), pp. 178–96
Ikhwan, Afiful, ‘Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran)’, Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2014, doi:10.21274/taalum.2014.2.02.179-194
Indriawati, Prita, Tri Astuti Nuraini, and Aura Shalsha Billa Eka Dava Yanti, ‘Etika Profesi Guru Dalam Pendidikan Sekolah Dasar’, Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2023, doi:10.36418/syntax-imperatif.v3i6.208
Istanto, Istanto, ‘Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16.6 (2022), p. 1991, doi:10.35931/aq.v16i6.1256
Istiqomah, Natiqotul, Gunawan Santoso, Zahrotul Fitriyyah, and Edi Ribowo, ‘Upaya Habituasi Keseharian Siswa Berakhlak Mulia Dan Berkarakter Islami Sebagai Wujud Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa’, Jurnal Pendidikan Transformatif, 02.04 (2023), pp. 46–62
Jamilah, Sri, ‘Bimbingan Konseling Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam’, Kreatif: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 2020, doi:10.52266/kreatif.v18i1.560
Pamungkas, Cahyo, ‘Global Village Dan Globalisasi Dalam Konteks Ke-Indonesiaan’, Jurnal Global & Strategis, 2017, doi:10.20473/jgs.9.2.2015.245-261
Pane, Akhiril, and Fathinahaya Nailatsani, ‘Kode Etik Guru Menurut Perspektif Islam’, Forum Paedagogik, 2022, doi:10.24952/paedagogik.v13i1.3522
Purba, Alfitriana, and Alkausar Saragih, ‘Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Di Era Digital’, All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2023, doi:10.58939/afosj-las.v3i3.619
Sholihah, Abdah Munfaridatus, and Windy Zakiya Maulida, ‘Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 2020, doi:10.37680/qalamuna.v12i01.214
Sunengsih, Neneng, ‘Analisis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Nasional’, Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 2020, doi:10.36840/ulya.v5i1.237
Suryadarma, Yoke, and Ahmad Hifdzil Haq, ‘Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali’, At-Ta’dib, 2015
Theguh, and Bisri Bisri, ‘Moderasi Beragama Perspektif Etika (Analisis Pemikiran Franz Magnis-Suseno)’, Jurnal Ilmiah Falsafah: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan Humaniora, 2023, doi:10.37567/jif.v9i2.2295
Wahyuni, Hairun Nisa’, ‘Pemikiran Burhanuddin Az-Zarnuji Dan Ibnu Sahnun Tentang Pendidikan (Telaah Hubungan Guru Dan Murid)’, Sripsi (Bengkulu: Fak. Tarbiyah IAIN Bengkulu, 2014), 2014
Zahra, Sufiani, A. Anggie Zabrina Arief, Muh. Afta Noer, Aulia Ananda Putri, and Supriadi, ‘Etika Dan Akhlak Dalam Bisnis Islam Sufiani’, Jurnal Tafaqquh STIS Darul Falah, 2022
Zulkarnain, Lutfi, Didin Hafidhuddin, and Budi Handrianto, ‘Pendidikan Akhlak Di Perguruan Tinggi Islam Sebagai Bekal Di Dunia Kerja’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2023, doi:10.30868/ei.v12i01.2874
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.