Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Fase F Pada Materi Momentum Dan Impuls Di SMAN 6 Mataram
Authors
Rosita Sari , Hikmawati Hikmawati , Kosim Kosim , Satutik RahayuDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.586Published:
2025-01-09Issue:
Vol. 6 No. 1 (2025): In PressAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi momentum dan impuls kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Mataram yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI. 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa esai sebanyak 9 soal keterampilan berpikir tingkat tinggi yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal, serta daya beda soal. Hasil nilai rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi posttest peserta didik diperoleh pada kelas eksperimen adalah 81,02 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 73,07. Data posttest yang telah diuji normalitas dan dilanjut dengan uji hipotesis menggunakan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis nilai thitung 2,367 lebih besar dari ttabel 2,002 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan kriteria nilai thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem-based learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik Fase F pada materi momentum dan impuls di SMAN 6 Mataram.References
Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC, 9(2), 165-178.
Al-Tabany, T.I.B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/Kti). Jakarta: Prenada Media Group
Al-idrus, Syayid Qosim M. Jafar, Hikmawati Hikmawati, and Wahyudi Wahyudi. (2015). "Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video kartun terhadap hasil belajar fisika siswa kelas xi sman 1 sikur tahun ajaran 2014/2015." Jurnal Pijar MIPA 10.1.
Amin, M. & Baharuddin. (2001). Pengaruh Pendekatan Berpikir Deduktif-Induktif Serta Pemahaman Konsep-Konsep Pengantar Elektro Teknik Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Elektro Teknik. Jurnal Penelitian, (Online), Vol 7 (2).
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak
Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2016). Pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari sikap ilmiah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86-94.
Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Ascd.
Dewi, Shinta M, Ahmad, H & Gunawan.(2016). Pengaruh Model Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, Vol.2 (3):123-124.
Dwi, I.M, Arif, H., & Sentot, K. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learing ICT Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9(2013):8-17.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Giancoli, Douglas C., (2001), Fisika Jilid I (terjemahan), Jakarta: Penerbit Erlangga
Helyandari, Baiq Henny, Hikmawati Hikmawati, and Hairunisyah Sahidu. (2020). "Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Ma Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020." Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika 5.1: 10-17.
Hikmawati, Nurul, Sutrio Sutrio, and Hikmawati Hikmawati. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembekalan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA." Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3.1: 92-100.
Hikmawati, H., Suastra, I. W., Suma, K., Sudiatmika, A. I. A. R., & Rohani, R. (2021). The Effect of Problem-Based Learning Integrated Local Wisdom on Student Hots and Scientific Attitude. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 233-239.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jati, Bambang Murdaka Eka. (2013). Pengantar Fisika 1. Yogyakarta: Gadjah. Mada University Press.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
______. (2016). Permendikbud No.64 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
______. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung. PT Refika Aditama.
Lewy, dkk. (2009). “Pengembangan Soal untuk mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3. No. 2, hal. 14-19.
Marzuki, M., Rokhmat, J., & Wahyudi, W. (2018). Fisika SMA dengan Pendekatan Berpikir Kausalitas.
Mustofa, (2009). Media Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Karangmalang Yogyakarta.
Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterapilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3 (2), 38.
Nardin, Muris.,& Tawil, M. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Bandung: UPI.
Nasution, (2017). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Jakarta:Bumi aksara
Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Grasindo.
Nurhikmah, Gunawan, & Ayub, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulation Based Laboratory (Sbl) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sman 1 Montong Gading. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1).
Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMU Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Bandung: UP
Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Prenada Media.
Reigeluth, C. M. (1983). Instructional design theories and models: An overview of their current status. Routledge.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah dkk. (2019). Soal Fisika HOTS Berpikir Kreatif, Kritis, Problem Solving. Jakarta: Bumi aksara Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global. Bandung: CV. Smile's Indonesia Institute
Siska, Halim, A., dan Nasrullah. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Konsep Usaha Dan Energi Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3 (1), 207-2017.
Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Swandi, A., Hidayah, S. N., & Irsan, L. J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto (Halaman 20 sd 24). Jurnal Fisika Indonesia, 18(52).
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model PembelajaranBerbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Sitobondo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi UNEJ, Vol. 1. No. 1, 5-9.
Wilhelm, J., Thacker, B., & Wilhelm, R. (2007). Creating Constructivist Physics for Introductory University Classes. Electronic Journal of Science Education, 11(2): 19-37
Warimun,S. E., Arifah, A., dan Hamdani, D., (2016), Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu,Jurnal Pendidikan Eksakta, No. 1, Vol.1, hal. 14-19.
Wijaya, E.Y, Sudjimat, D.A., dan Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional 45 Pendidikan Matematika 2016, Universitas Kanjuruhan Malang, 1 (1): 263-278 Y.
Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yoesoef, A. 2015. Penerapan Model Problem Based-Learning Untuk meningkatan Kemampuan Menanya Dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MA 1 SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal pinus, vol. 1. No. 2, hlm. 96-102.