Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Sambelia
Authors
Nadia Ayunia , Siti Istiningsih , Asri FauziDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1331Published:
2025-08-19Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Model pembelajaran TGT, Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis kearifan lokal terhadap pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas IV SDN 1 Sambelia. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 1 Sambelia sebanyak 46 peserta didik, sedangkan sampel dalam penellitian ini yaitu peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen sebanyak 23 peserta didik dan peserta didik kelas IV A sebagai kelas control sebanyak 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan Teknik tes dan non-tes (observasi). Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data diawali dengan uji normalitas dilanjutkan dengan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji independent sample t-test dan uji lanjutan dengan uji effect size. Hasil analisis data yaitu uji normalitas menggunakan shapiro wilk yang menunjukkan data berdistribusi normal karena nilai sig. > 0,05, selanjutnya yaitu uji homogenitas memperoleh hasil sig > 0,05 yang artinya data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis yang diperoleh dari uji independent sample t-test dengan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 dan nilai Thitung > Ttabel yaitu 3.893 > 1.679, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran teams ganmes tournament (TGT) berbasis kearifan lokal terhadap pemahaman konsep bangun datar. Selanjutnya dilakukan uji effect size yang didapatkan hasil 1,152 berada pada kisaran nilai strong effect yang berarti model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis kearifan lokal berpengaruh tinggi terhadap pemahaman konsep bangun datar peserta didik kelas IV SDN 1 Sambelia.References
Afkarina, I., Lestari, W., Umum, F. T., Islam, U., & Hasan, Z. (2022). Validitas lembar kerja siswa berbasis peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal, 5(2), 3–6. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/4033/2507
Alparizi, L. R., Husniati, & Nurmawanti, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Dulang Gawe Suku Sasak Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV SDN 5 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1417–1425. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/article/view/324
Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 542-548. https://media.neliti.com/media/publications/443925-none-d01f2471.pdf
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Bintang, 2(1), 35–48.
Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2),195–218. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1098
Ditasari, D. D., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Core. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 2560–2566. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3180
Endayani, H. (2023). Model Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 25–32. https://doi.org/10.56832/pema.v3i1.321
Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami makna tes, pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi (Evaluation) dalam pendidikan. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 492–495. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118–128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690
Gayatri, Y. (2020). Cooperative Learning Tipe Team Game Tournaments (TGT) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Biologi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 8(3), 1–67. https://doi.org/10.30651/didaktis.v9i3.249
Hasibuan, P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi. ABDIMAS:Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Isnaina, Z., Muhaimin, M. R., & Sutriyani, W. (2022). Peranan Media Audio Visual Pada Keaktifan Bertanya Mata Pelajaran Matematika KELAS 2 SD. JPM UIN Antasari, 09(1), 38–50. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i1.6628
Kholifatun, K., Jumini, S., & Sugiyanto, B. (2023). Hubungan Literasi Numerasi dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta didik Kelas 5 di MIN 3 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Modern, 09(01), 37–44.
Kurniyanthi, P., Suarni, K., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Pengendalian Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas III SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 21–30. https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2864
Maulina, E., Arjudin, & Asri, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Kelas IV SDN 26 AMPENAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 311–321.
Nahak, K. E. N., Mona, G. Y., SabaOra, J. U. L., Nubatonis, S., & Tameon, E. M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Ume Le’u Materi Bangun Datar untuk Siswa SDK Eban 1. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 178–188. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.541
Namira, S., Anitra, R., & Hendriana, E. C. (2024). Pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media PAPAR terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD kelas IV. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 16(1), 15–28. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/9888
Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus, 1(2), 1–188. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/4143
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Ridha, N. (2017). proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. https://doi.org/10.1111/cgf.13898
Shobirin, M., & Rochmana, S. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Pada Materi Benda Dan Sifatnya. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 91–101. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.997
Slavin, R.E. Nusa Media. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik (Cetakan 3). Bandung
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfa, M., Mardhatillah, & Suarja, Z. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA SD 23 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(2), 1–18.
Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(11), 56–68.
Yunita, N. K. D & Tristiantari, N. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96–107.