Pengaruh Permainan Tebak Kata Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas II SDN 34 Ampenan
Authors
Qisthifa Hadiantiningrum , Siti Istiningsih , Muhammad ErfanDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1330Published:
2025-08-19Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Permainan, Tebak Kata, Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode permainan tebak kata dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas II SDN 34 Ampenan. Penelitian menggunakan desain pre-eksperimen one-group pre-test and post-test dengan subjek seluruh siswa kelas II (n = 36). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes kemampuan berpikir kreatif, dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji normalitas Shapiro-Wilk (α = 0,05) dan uji hipotesis paired sample t-test (2-tailed), dilanjutkan dengan perhitungan nilai N-Gain untuk mengukur efektivitas peningkatan. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal (pre-test p = 0,077; post-test p = 0,058). Uji paired sample t-test memperlihatkan perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test (p = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Nilai N-Gain sebesar 0,40 mengindikasikan efek sedang dari penggunaan permainan tebak kata terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, metode permainan tebak kata layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk merangsang kreativitas pada peserta didik kelas II di SDN 34 Ampenan.References
Cavero, S., G. Pardo, E., & González de Lena, M., (2024). Wordle in the Classroom: a Game-Changing Approach To Active Learning. Inted2024 Proceedings, 1(March), 43-52. https://doi.org/10.21125/inted.2024.1168
Fadhillah, D., (2019). Pengaruh Metode Tebak Kata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Taman Cibodas Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(1), 118–128. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i1.332
Ginsburg, K. R., (2007). The importance of play in promoting healthy child development and maintaining strong parent-child bonds. Pediatrics, 119(1),182–191. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2697
Gusdur, G., Nurlaila, N., & Nurdinawati, N. (2025). Penggunaan Permainan Tebak Kata Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab di MA Darul Hikmah Soncolela. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 10(1), 337-345. https://doi.org/10.48094/raudhah.v10i1.836
Haditsti, N., Sulistiani, I. R., & Setiawan, E., (2022). Implementasi Permainan Tebak Kata Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di RA Tunas Mulia Dua. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 60–68. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/16694
Hairiyah, S. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 7(2), 265-282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118
Handayani, D. (2016). Pengembangan Permainan Tebak Kata Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Kimia Unsur (Development Charades Game As A Learning Media In Chemical Elements Topic). UNESA Journal of Chemical Education, 5(2).
Harti, M. B., Sumarsih, & Suprapti, A., (2017). Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 121–125.
Hidayah, A., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1151-1159. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1151-1159
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia., (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 112.
Oka, G. N., (2020). Efektivitas Pembelajaran Tugas Setiap Akhir Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Agama Hindu di SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Ajaran 2018-2019. Open Journal System, 14(7), 28-33. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Pratiwi, S. E., Harianto, E., & Istiningsih, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Bermedia Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 44 Cakranegara. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3083-3089. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4160
Putro, K. Z., (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19-27. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
Ramadhani, A, F., Simarmata, R., Barella, Y., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., (2024). Strategi Belajar Mengajar (Project Based Learning). Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2644
Ratnaningsih, D., (2020). Implementasi Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) dalam Mata Kuliah Strategi, Metode, dan Media Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.215
Safira, A., Musaddat, S., & Rachmayani, I. (2025). Implementasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 669-678. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29856
Saputra, I. B. M. Y. M., Musaddat, S., & Angga, P. D. (2024). Pengaruh Metode Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9789
Sudono, A. (2010). Sumber belajar dan alat permainan. Grasindo
Suhaidi, M. F., Nisa, K., & Sobri, M. (2024). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Kegiatan Sabtu Budaya di Sekolah. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 645-652. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8765
Suhardi, S., Masrul, M., & Ediputra, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Tebak Kata Terhadap Pemahaman Membaca Dan Menyimak Siswa Kelas Iv Sdn 45 Bengkalis. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 4011-4020. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1201
Susanti, M. D., (2022). Pengaruh Permainan Tebak Kata Pada Vocabulary Bahasa Inggris. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 181–194. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/1231
Syiraj, M. R., Awalia, T. I., Rohmah, S. K., & Siswoyo, A. A. (2025). Model Pembelajaran PJBL Berbasis Pedagogik Kreatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 5(2), 167-178. https://doi.org/10.51878/action.v5i2.5588
Zahro, P. T. F., & Nurjanah, U. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Tebak Kata dan Eksperimen terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, 11(1), 71-80. https://doi.org/10.56013/edu.v11i1.2968