Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Modul Ajar Berbasis Proyek di SDN 1 Merembu
Penulis
Irmayani Irmayani , Husniati Husniati , Hikmah Ramdhani PutriDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1264Diterbitkan:
2025-07-31Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
Kesulitan Guru, Modul Ajar, Project Based LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru, faktor-faktor penyebab utama kesulitan, dan upaya untuk mengatasi kesulitan guru dalam menyusun modul ajar berbasis proyek. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang guru yakni kelas 1 dan 4 yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Merembu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman dengan komponen analisis data yakni Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami guru dalam menyusun modul ajar berbasis proyek diantaranya adalah kesulitan pada aspek merancang aturan pembuatan proyek dan membuat jadwal hasil. Faktor yang menyebabkan guru mengalami kesulitan yakni kurangnya pelatihan pembuatan modul ajar khsusunya modul ajar berbasis proyek, kurangnya fasilitas sekolah yang memadai dan terbatasnya jam pembelajaran untuk menggunakan model berbasis proyek. Selain itu ditemukan juga upaya untuk mengatasi kesulitan guru adalah dengan cara pemberian pelatihan modul ajar berbasis proyek kepada guru, melengkapi fasilitas teknologi sekolah dan manajemen waktu yang terencana.Referensi
Anggraini, L.D., Yulianti, M., Faizah, N.S., & Pandiangan, B.P.A. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI), 1(3), 291-298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Capah, A., T Indah, K., Mardayanti, F., Sitorus, Q.S., Siahaan, L.T., Siregar, M.W., & Pratama, A. (2025). Hambatan yang di hadapi guru SD dalam merancang modul ajar di kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 28-39. https://doi.org/10.62383/dilan.v2i2.1429
Hariyadi, B.A., & Hariyati, N. (2020). Pentingnya fasilitas belajar berbasis teknologi informasi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 558-569. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38163/33683
Indarti, A. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka dengan menggunakan metode forum group discussion SMP Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten di semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, 2(1), 1-15. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.485
Kesumawati, N., Destiniar, D., Octaria, D., Ningsih, Y. L., Fitriasari, P., Mulbasari, A. S., Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2021). Pelatihan pembuatan modul ajar bagi guru SMA/SMK di Tebing Tinggi. ABSYARA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 246–256
Letari, D., Asbari, M., & Yani, E.E. (2023). Kurikulum merdeka: hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal Of Information System and Management, 2(1), 85-88. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.840
Lestari, D.K., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengembangan modul ajar storyboard berbasis project based learning untuk siswa kelas XI Multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 309-318. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18379
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. TARBAWI (Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam), 5(2), 130-138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392
Mukhlishina, I., Danawati, G.M., Wijayaningputri, R.A. (2023). Penerapan modul ajar sebagai implementasi kurikulum merdeka pada siswa kelas IVdi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 126-133. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/675
Nago, D.F., Kasim, M.A., & Wahab, I.M. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi minimnya fasilitas pembelajaran di SMK tunas harapan nita. Prosiding Seminar Nasional Teknologi, Kearifan Lokal dan Pendidikan Transformatif (SNTEKAD), 1(1), 205-210. DOI: 10.12928/sntekad.v1i1.15715
Oktaviani, N.A., Sukri., Handika, I., & Hasnawati. (2025). Implementasi kurikulum merdeka dalam peningkatan keterampilan literasi di SDN 40 ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1523–1529. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3378
Puri, S.P., Murtinugraha, E.R., & Arthur, R. (2024). Studi literatur : kesulitan dalam pengaplikasian model pembelajaran project based learning (pjbl) oleh guru SMK. Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan dan Teknik Sipil (E-Journal), 2, 37-50. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/spkts/article/download/47666/17980/135227
Rahman, A., Asrin., & Ermiana, I. (2025). Implementasi kompetensi pedagogik gurudalam pelaksanaan pembelajaran kelas V di SDN 11 mataram tahun ajaran 2024/2025. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1609–1616. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3429
Seaqil (2019). Modul model pembelajaran berbasis proyek berorientasi HOTS. Jakarta: SEAMEO QTEP in Language.
Sidiq, U & Choiri, M.M. (2019). Metode penelitian kualittaif di bidang pendidikan. CV. Nata Karya
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta
Suhartini. (2023). Analisis peran Bmt Al-Iqtishady pagesangan mataram dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram). file:///C:/Users/ACER/Downloads/bab%203-34%20(Suhartini).pdf
The George Lucas Educational Foundation, Instructional Module Project Based Learning, 2005, Retrieved June 25, 2021, from http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php
Yuhana, N.A & Aminy, A.F. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79-96. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
Yusriani., Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran fisika di SMA negeri kota makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 138-141. https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article/view/14378
Zahara, K.R. (2021). Pengembangan modul berbasis project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik (Sripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia. https://repository.radenintan.ac.id/13496/1/SKRIPSI%202.pdf