Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus 6 Kecamatan Jonggat
Authors
Syukron Zul Ramdan Satriawan , Sudirman , Vivi Rachmatul HidayatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1253Published:
2025-07-16Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus (In Press)Keywords:
Berpikir Kritis, Matematika, Think Pair Share,Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan yang perlu dicapai dan pendidikan. Untuk mencapai kemampuan tersebut diperlukan beberapa cara salah satunya yaitu dengan menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan model yang tepat seperti model pembelajaran kooperatif think pair share. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN gugus 6 kecamatan Jonggat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 59 kelas V SDN 1 Perina dan SDN 1 Pengenjek dengan daya pertimbangan kedua sekolah tersebut memiliki presentase belum tuntas. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji pra-syarat yaitu normalitas dan homogenitas. Kemudian, uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan berdasarkan hasil analisis data memperoleh nilai sebesar 0.04 < 0.05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian, dilihat dari uji effect size sebesar 0.67 yang berada pada klasifikasi 0.5< ES<0.8 dimana pengaruh model kooperatif think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis tergolong sedang. Ho di tolak dan Ha di terima, yang menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN V Gugus 6 kecematan Jonggat.References
Afrina, W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara. Riau: UIN SUSKA RIAU (Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau). Retrieved from https://repository.uinsuska.ac.id/31896/2/SKRIPSI%20WINDA%20AFRINA.pdf.
Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.
Berlina Putri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Min Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Retrieved from https://eprints.walisongo.ac.id/12554/1/skripsi_1503096029_Putri%20Berliana.pdf.
Cholilah, N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/19969/.
Departemen Pendidikan Nasional (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.23 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah.
Dina, I. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di Sman 2 Bandar Lampung. In Journal of Chemical Information and Modeling.
Fahrozi, M. 2018. Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Retrieved from https://repository.radenintan.ac.id/3093/1/SKRIPSI_PDF.pdf.
Hastuti, N. D., Baedowi, S., & Prasetya, S. A. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Terhadap Nilai Belajar IPS. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(1), 112-121.
Huda, M. (2014). Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.
Lestari, Anita Puji dan Suprayitno. (2013). “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar”. JPGSD Vol.1(2):0-216
Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
OECD. (2023). Hasil PISA 2022 (Volume I): Keadaan Pembelajaran dan Kesetaraan dalam Pendidikan, PISA, OECD Publishing, Paris.
Putra, N. P., Harjono, A., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Getaran Dan Gelombang Peserta Didik Kelas VIII Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 308-313.
Putri, Susilawati & Wahyudi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pengukuran. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9 (1).
Rahmawati, Rohaeti & Yuliani. (2018). Analisis Kemmapuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Melalui Pendekatan Metakognitif. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol.1 (4).
Ramdhani. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum dan Impuls di Kelas X SMA Negeri 2 Meulaboh. Banda Aceh: universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Retrieved from https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/10329.
Rukmini, A. (2020).Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. SHES: Conference Series, Vol.3 (3) 2179.
Sahir, S, H. (2022). Metode Penelitian. Jakarta: KBM Indonesia
Saputri, N.I. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Melalui Inkuiri Terbimbang Pada Mata Pelajaran IPA Di SD N Punukan, Wates, Kulon Progo Tahun Ajaran 2013-2014.
Sholeha, M., Nisa, K., & Hikmah, A. (2025). Pengaruh Model PjBL-STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Bangun Datar SDN 37 Cakranegara. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika(GoeScienceEd)
Yolanda, M., Yensy, N.A., dan Siagian, T. 2019. Efektivitas Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Kontekstual Di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol 3 (3). Hal 353-361.