Pengaruh Gaya Kepimpinan Dan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Berdampak Pada Kinerja Guru
Authors
Pimpin Nursalihin , Sariakin , Rita NovitaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1177Published:
2025-07-14Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus (In Press)Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Kinerja, Komunikasi Interpersonal, Motivasi BerprestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap motivasi berprestasi serta kinerja guru. Fokus penelitian mencakup pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal terhadap motivasi berprestasi dan kinerja guru, serta pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari seluruh guru SMP Negeri di Kota Jantho sebanyak 115 orang dengan sampel sebanyak 89 orang yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 3,2%. Komunikasi interpersonal juga memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja guru dengan kontribusi 3,4%. Selain itu, komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap motivasi berprestasi dengan kontribusi sebesar 10,2%, dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi berprestasi sebesar 10,1%. Motivasi berprestasi sendiri terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 50,4%. Model kinerja guru yang dibangun berdasarkan hubungan kausal antarvariabel terbukti valid secara empiris dan dapat diterapkan secara adaptif di SMP Negeri di Kota Jantho. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar peningkatan kinerja guru difokuskan pada perbaikan iklim organisasi, peningkatan motivasi kerja, serta kepuasan kerja.References
Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732
Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Azizah, Y., Aini, N., Pratiwi, A. A., & Sudirman, S. (2024). Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di SDN 16 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1967–1970. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2353
Basri, H., & Tambunan, N. (2023). Faktor pendukung dan penghambat manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalammeningkatkan kualitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Sunggal. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2575–2587. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Buchari Agustini. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12, 1693–5705.
Darsono, Y. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Health Sains, 1(3), 288–302. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i3.66
Fahmi, C. N., Nurliza, E., AR, M., & Usman, N. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Serambi Ilmu, 30(2), 104. https://doi.org/10.32672/si.v30i2.755
Fajar, M. Y., Rohaeni, O., Permanasari, Y., A, A. I., & Mulkiya, K. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Sma Dan Sederajat Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis Tik. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 5(2), 175. https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2347
Firyani, L., Sariakin, & Putra, M. (2024). Pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di sd negeri lam ilie kabupaten aceh besar 1,2,3. 1–11.
Fitriani, F., Amin, S., & Wediawati, B. (2022). Pengaruh Dukungan Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Melalui Keterikatan Karyawan sebagai Mediator (Studi pada Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2256. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.3054
Hadiansyah, Y., & Iskandar, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar dalam Konteks Pendidikan Di Abad 21. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1610–1616. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3364
Istijarti, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(2), 164–175. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p164-175
Jason, C., Jefferry, L., & Michael, W. (2019). Organizational Behavior: Improving Performance And Commitment In The Workplace. McGraw-Hill Education.
Laelah, N. A., & Aeni, M. H. (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa. Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya Dan Islam, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.15408/virtu.vxxx.xxxxx
Mulyasa. (2019). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Rosda Karya.
Mulyasa. (2021). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Nasroh, S., Citriadin, Y., & Rustam, R. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN 2 Kekait (Sebuah Pendekatan Studi Kasus). Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 225–229. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.610
Safitri, D., & Wicaksono, N. F. (2024). Guru Sebagai Pilar Utama: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni (JPVS), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i1.2761
Sariakin, S., Yeni, M., Usman, M. Bin, Mare, A. S., Munzir, M., & Saleh, M. (2025). Fostering a productive educational environment: the roles of leadership, management practices, and teacher motivation. Frontiers in Education, 10(February). https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1499064
Senen, S., Krisnaldy, K., & Ishak, G. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi (Studi Kasus Yayasan Nurul Ihsan). Jurnal Arastirma, 1(1), 165–172. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i1.10072
Simatupang, R. M., Nabila Anggriany, & Dahniar Fitri. (2023). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(3), 174–179. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771
Soekarso. (2021). Teori Kepemimpinan. Mitar Wacana Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supardi. (2018). Kinerja Guru. Raja Grafindo.
Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271
Wahyu Anggraeni, P., & Anugerah Izzati, U. (2024). Hubungan antara Kepribadian Proaktif dengan Perilaku Inovatif pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Relationship Between Proactive Personality and Innovative Behavior of State Vocational High Schools Teachers. 11(01), 298–312. https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.61360
Wibowo, M. P., Jannah, R., Pradita, S., & Syahril, A. (2025). Komunikasi Interpersonal Sebagai Kunci Kesuksesan dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa, Dan Ilmu Sosial, 3(1), 182–190.