Pengaruh Wordwall Game Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Anak Kelompok B PAUD Rabbani Desa Montong Gamang
Authors
Annisa Rizki Amalia , Muhammad Tahir , Baiq Nada BuahanaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1176Published:
2025-08-19Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Anak Usia Dini, Literasi Membaca, Wordwall GameAbstract
Kemampuan literasi membaca anak yang rendah disebabkan oleh kurangnya inovasi media pembelajaran yang menarik. Hal ini mengakibatkan anak belum mampu membedakan huruf yang memiliki bentuk yang sama, membedakan bentuk dan nama huruf, menyusun kata, serta belum mampu mengeja dan menuliskan nama sendiri. Penelitian ini menghadirkan kebaruan dalam upaya peningkatan kemampuan literasi membaca anak melalui media belajar yang menarik dan inovatif berbasis teknologi yakni wordwall game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wordwall game terhadap kemampuan literasi membaca anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan one grup pre-test post-test design. Penelitian ini dilakukan di PAUD Rabbani Desa Montong Gamang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wordwall game memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi membaca anak kelompok B PAUD Rabbani Desa Montong Gamang. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi membaca anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media wordwall game. Kesimpulan ini memperkuat temuan bahwa media wordwall game efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca anak usia dini.References
Agus, Widiyanto (2013), Statistika Terapan : Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya, PT Alex Media Komputindo, Jakarta.
Ana, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Iv Di Sd Negeri 1 Merbau Mataram (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Andini, A., Yunita, L., & Irwandi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 11–28. https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.20211
Andini, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Anugrah, A., Istiningsih, S., Zain, M. I., & Kunci, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208–216.
Aprilia, D., & APRILIA, D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas IV di MI NW Lendang Batu Tahun Ajaran 2023/2024 (Doctoral dissertation, Universitas Hamzanwadi).
Bachtiar, M. Y. (2023). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Edutainment, 11(1), 33-42.
Gomes, A. N., Istiningsih, S., & Nurwahidah, N. (2024). Literasi Membaca Dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 497–502. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8431.
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2),116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Marwany, M. A., & Kurniawan, H. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis, dan Berpikir Anak. Hijaz Pustaka Mandiri.
Mawaddah, M. (2024). Literasi Membaca dan Menulis Serta Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Damhil Education Journal, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2210
Miranti. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi Berbasis Wordwall.Net Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sdn 1 Klaten Kecamatan Gadingrejo. [skripsi]. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jumal Obsesi: Jumal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446-453.
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(2), 135-148.
Rahmawati, I. Y., & Rusdiani, N. I. (2024). Penerapan Game Wordwall Untuk Menstimulasi Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Di Tk A Pkk Bulu Lor: Application Of Wordwall Games To Stimulate Early Childhood Receptive Language In Kindergarten A Pkk Bulu Lor. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 7(2), 159-168.
Silvia, K. S., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2),261. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36814
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wulandari, P., Masruroh, M., Arianti, C. A. L. E., & Nazilah, A. (2024). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 791-803