Pengembangan Media Buku Komik Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 12 Cakranegara
Authors
Putri Dhika Kusuma Ningsih , Nurul Kemala Dewi , Muhammad SyazaliDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1168Published:
2025-07-16Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus (In Press)Keywords:
Buku Komik, Kemampuan Membaca, PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan tingkat kepraktisan media buku komik sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas II. Media pembelajaran konvensional yang selama ini dimanfaatkan di SDN 12 Cakranegara kurang melatih kemampuan membaca peserta didik, ini berdampak pada rendahnya kemampuan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut diputuskan dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan bervariatif yaitu buku komik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SDN 12 Cakranegara dengan 34 orang peserta didik kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku komik sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca mendapatkan 93.73% dari ahli materi dan 92.42% dari ahli media dengan kriteria sangat valid berdasarkan uji kevalidan produk, 87.99% dari respon kelompok kecil dan 87.43% dari respon kelompok besar dengan kategori praktis serta 98.82% dengan kategori sangat praktis dari respon guru berdasarkan uji kepraktisan produk. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa buku komik yang dikembangkan valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.References
Afida, U. N., Puspitorini, A., Kusstianti, N., & Megasari, D. S. (2024). Penerapan model project based learning terhadap hasil praktik nail art SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Tata Rias, 13(1), 1-9. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata- rias/article/download/58405/45526
Arwati, A., & Oktaviani, A. M. (2023). Pengaruh penggunaan media komik untuk meningkatkan minat baca siswa dalam pembelajaran ips. Jurnal Pelita Calistung, 4(2), 121-138.
Darmayanti, R. Y., & Subrata, H. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa ragam bahasa ngoko dan krama pada siswa kelas iv. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(10). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/download/43413/37282
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan media komik untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396-401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365.
Hidayah, N., Intiana, S. R. H., Erfan, M., & Zain, M. I. (2024). Pengembangan Komik Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (Geoscienceed Journal), 5(4), 779-789. 10.29303/goescienceed.v5i4.465
Icahayati, K., Yudiana, K., & Trisna, G. A. P. S. (2024). Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(2), 310-317. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.78017
Kusuma, L. A. S., Tahir, M., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 5 Banyumulek. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 534-542. 10.29303/goescienceed.v5i3.428
Lestari, E. Y., Shinta, D., Susilo, J., & Khoirulloh, K. (2022). Efektivitas penggunaan media komik edukasi bermuatan budaya jawa dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2815-2822. 10.31004/basicedu.v6i2.2503
Marliana, L., & Subrata, H. (2023). Keefektifan penggunaan media komik digital dalam kemampuan membaca pemahaman siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1274-1283. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/download/53648/42844
Pradana, F. A. P., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan instrumen penilaian sikap disiplin menggunakan skala likert dalam pembelajaran tematik kelas IV SD. Fondatia, 5(1), 13-29. 10.36088/fondatia.v5i1.1090
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43. Diambil dari https://www.academia.edu/download/84166844/534.pdf
Rijal, A. (2021). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 79-90. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5322
Rohani, A., & Anas, N. (2022). Pengembangan media komik dengan menggunakan aplikasi comic page creator untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287-1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134.
Rosiana, W., Angga, P. D., & Tahir, M. (2023). Pengembangan media literasi fisik (Melifis) bagi siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 964-975. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4707
Rosyida, A. (2019). Pengembangan media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(1), 47-63. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550293.
Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.
Sarnia, S., Japa, L., & Artayasa, I. P. (2024). Pengaruh media pembelajaran kartu bergambar (flash card) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPA MA dakwah islamiyah putri kediri Lombok Barat. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(1), 86-90. 0.29303/goescienceed.v5i1.296
Siskawati, Y., & Ramadan, Z. H. (2022). Pengembangan media komik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507-519. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1745
Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca teks cerita pendek dengan menggunakan metode talking stick pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82-91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43.
Tiolung, V. K., Sumilat, J. M., & Tarusu, D. T. (2023). pengembangan media komik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(13), 730-741. https://doi.org/10.5281/zenodo.10149550
Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolsh dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman, 11(1), 1-21. Diambil dari https://scholar.archive.org/work/64gz62v5mzavjl4t5urit7jezy/access/wayback/https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/download/3457/3189
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/553283010.pdf