Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Qs. Luqman Melalui Literasi Al-Qur’an Sebagai Solusi Siswa Menghadapi Era The Loss Of Adab Di SMAN 04 Kota Bima
Authors
Ahmad , Lutfiyah , FerdiansyahDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1044Published:
2025-06-28Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus (In Press)Keywords:
Pendidikan Karakter, Literasi Al-Qur’an, The Loss Of AdabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam QS. Luqman ayat 12–19 melalui kegiatan Kelompok Literasi Al-Qur'an sebagai solusi atas fenomena Loss of Adab pada siswa kelas XI SMAN 04 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter dalam QS. Luqman ayat 12–19 yang meliputi tauhid, syukur, birrul walidain (berbakti kepada orang tua), amar ma'ruf nahi munkar, kesabaran, rendah hati, dan kesantunan telah berhasil ditanamkan secara bertahap melalui kegiatan literasi Al-Qur'an yang reflektif dan aplikatif. Strategi ini terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran religius dan perilaku beradab pada diri siswa. Dengan demikian, literasi Al-Qur'an yang berlandaskan nilai-nilai Qur’ani merupakan pendekatan strategis dalam membentuk karakter siswa yang kuat di era disrupsi moral.References
Abdul Fattah Nasution. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.
Abdurrahman. (2024). Konsep Pendidikan Adab dalam Kitab Ta ’ lim al-Muta ’ allim Karya Imam al-Zarnuji : Kajian Literatur The Concept of Adab Education in the Book of Ta ’ lim al-Muta ’ allim by Imam al-Zarnuji : Literature Review. TARBIYAH : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 182–201.
Ahmad, Harits, A., Hermasnyah, & Mulyadi, W. (2024). Peningkatan Literasi Melalui Program Study Tour Di Sekolah Dasar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 151–163.
Ahmad, Syarifuddin, Fuaduddin, Riningsih, & Iriyanti. (2024). the Effect of Teaching At the Right Level (Tarl) Approach on Literacy Skills of Primary School Students. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.24252/auladuna.v11i1a3.2024
Ahmad, Umar, Ramadhan, S., & Jatanti, M. I. (2023). Menumbuhkan Karakter Positif Siswa Melalui Tayangan Inspiratif di SDN Inpres Nanga Ni’u Desa Karampi. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 7(1), 119–131.
Ardiansyah et al. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 1–9.
Azizah, H. N., Azizah, A., & Riyadi, A. (2025). KONSEP STUDI ISLAM PERSPEKTIF TAFSIR IBNU KATSIR : ANALISIS Q . S . LUQMAN AYAT 12-15. Jurnal Studi Islam, 02(01), 212–223. https://doi.org/10.33752/mjsi.v2i01.7909
Djumali, & Wijayanti, E. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 Di Smk Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 31–40.
Elfi Rahma, Hertati, M. (2025). TANTANGAN DAN SOLUSI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8, 3400–3405.
Fitriani, D., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 489–499. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840
Hamka, M. (2024). Adab sebagai Jembatan antara Ilmu dan Amal dalam Pembentukan Karakter Siswa Adab as a Bridge between Knowledge and Deeds in Shaping Students ’ Character. TARBIYAH : Jurnal Pendidikan Dan Pembejalaran, 1(2), 132–142.
Ihsan, M. S., & Haqiqy, A. (2024). Islamika URGENSI KONSEP TA ’ DIB PERSPEKTIF SYED NAQUIB AL ATTAS DALAM RANAH PENDIDIKAN ISLAM : Tinjauan Filosofis. 1(2), 195–206.
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Mulyani, S. (2023). Strategi Sekolah Dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa Di Smp Negeri 4 Satu Atap Kedungreja Tahun Pelajaran 2021/2022. Qalam: Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 1–20. https://doi.org/10.57210/qlm.v4i01.236
Nur Safaat, A. W. (2024). Konsep Zuhud Menurut Syekh Abdul Qodir Al Jailani: Studi Kitab Tafsir Al Jailani. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 4(2), 106–121. https://doi.org/10.28926/sinda.v4i2.1532
Observasi. (2025). No Title.
Saleh, A. H. (2020). Permasalahan Bangsa Dalam Perspektif Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Al-Aqidah, 12(1), 29–47. https://doi.org/10.15548/ja.v12i1.1566
SHOFIY MAFTAH ROZANI. (2024). Nilai-nilai pendidikan islam dalam surah luqman ayat 12-19 dan kontribusinya untuk penguat pendidikan karakter anak prespektif tafsiral-azhar karya prof. dr. hamka.
Soddiq, M., Wijoyo, T., & Arifin, M. S. (2025). Membangun Generasi Berkarakter melalui Literasi Materi PAI di Sekolah Dasar. 2(1), 1–9. https://doi.org/10.62387/naafijurnalilmiahmahasiswa.v2i1.107
Surah, D., & Ayat, L. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 (PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH DAN TAFSIR IBNU KATSIR). 19.
Syarifuddin, K., & Jinan, M. (2022). Pendidikan Karakter Di Era Disrupsi Dalam Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas.
Umiati, U. (2021). Sekolah Berbasis Al-Qur’an Di Smp Takhassus Al-Qur’an Sultan Fattah Cilacap.
Wafa, Z. (2023). Pendidikan Karakter dan Dakwah Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Perpektif Tafsir Tematik. Jurnal Ad-Da’wah, 21(1), 52–69.
Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193
Wawancara. (2025). No Titl.
Yulian Dinihari, Musringudin, L. (2024). Membangun literasi anak dalam pendidikan islam di sekolah dasar. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD.
Zain, M. (2021). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR AL-MISBAH QS.LUQMAN AYAT 12-19 Disusun.