Penguasaan Teknologi Digital Guru Pai Dalam Meningkatkan Pembelajaran Siswa Melalui Tech Savvy Di SMPN 7 Kota Bima
Authors
Ahmad , Ilham , MasitaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1043Published:
2025-06-29Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus (In Press)Keywords:
Teknologi Digital, Teach Savvy, PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan teknologi digital oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 7 Kota Bima sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik melalui pemanfaatan teknologi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka—mengacu pada artikel ilmiah dan buku yang relevan—serta wawancara mendalam dengan guru PAI di sekolah tersebut. Teknik analisis data mengikuti model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki keterampilan dalam mengoperasikan berbagai perangkat dan aplikasi digital untuk mendukung proses pembelajaran, seperti proyektor, aplikasi Zoom, Google Classroom, Quizizz, dan Canva. Tingkat penguasaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, yaitu kemauan pribadi guru, dukungan dari kepala sekolah/pihak sekolah, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Namun demikian, terdapat beberapa kendala yang menghambat pemanfaatan teknologi secara optimal, di antaranya adalah rendahnya motivasi belajar siswa, serta kendala teknis seperti sinyal internet yang tidak stabil dan keterbatasan kuota data. Hambatan-hambatan ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru PAI dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran secara efektif.References
Abdul Sakti. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Ahmad, Syarifuddin, Umar, Ramadhan, S., & Nazilla, S. (2024). Islamic education for sustaining humanity. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 8(2), 445–457.
Ahmad, Umar, Ramadhan, S., & Jatanti, M. I. (2023). Menumbuhkan Karakter Positif Siswa Melalui Tayangan Inspiratif di SDN Inpres Nanga Ni’u Desa Karampi. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 7(1), 119–131.
Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Ed. 1 Cet.). Rajawali Pers.
Arianti, B. I. (2016). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. II(4).
Asmoro, B. T. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN MALANG. 2(1), 1–8.
Aunur Rohman, A., & Karimah, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi. At-Taqaddum, 10(1), 95. https://doi.org/10.21580/at.v10i1.2651
Azizah, F. W., & Widiyati, E. (2023). Analisis Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Digital di MIN 3 Jombang. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(2), 183–196. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i2.4141
Dewi, A. (2024). Penguatan Kompetensi Guru PAI dalam Menghadapi Pendidikan Era Society 5 . 0 di SMA Budisatrya Medan. 1(4), 1086–1101.
Dewita, I. P., & Ahmad. (2024). Konsep Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 8(1), 121–134.
Diana, R., & Rodhiyana, M. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v6i1.2650
Fauziah. (2024). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di Era Digital. 2(2), 296–301.
Haniyyah, Z. (2021). PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMPN 03 JOMBANG. 1(1), 75–86.
Hermawan, A., & Dewi, L. (2023). Pemanfaatan Mentimeter dalam Pembelajaran Pelatihan Daring untuk Meningkatkan Interaksi Peserta. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 111. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6049
Ichsan, A., Febriani, E., Puspita, N. D., Puspitasari, W., Fadila, N., Baktiar, A. M., Studi, P., Agama, P., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Digital Dalam Proses Pembelajaran. Al-Qayyimah, 7, 63–76.
Indrawati, Ilham, Muslim, & Ahmad. (2024). Peran Guru dalam Membangun Belajar Anak Usia Dini di TK PGRI Ibadurrahman Mande Kota Bima. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 86–97.
Nela, E. (2020). Implementasi Teknologi Digital untuk Meningkatkan Karakter Kejujuran dan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.25943
Prof. Dr. sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R & D, Op.cit, h.300.
Rohani. (2024). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam : Tantangan dan Peluang. 1(3).
Sinaga, I. Y. (2025). Pengembangan Kompetensi Sosial Guru PAI di Era Digital Ilham. 3(1), 167–173.
Siti Nur Dalifa, M. S. (2023). Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Mata Pelajaran Rumpun IPS (Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi) Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. 119–127.
Sriyono, W. W. & H. (2020). STRATEGI PEMBERDAYAAN GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. 7(1), 7–12.
Wahyudi, D., & Fauziati, E. (2025). Peran ICT dalam Pembelajaran pada Program Digital Class: Studi Fungsi, Hambatan, dan Faktor Pendukung Implementasi. 14(1), 309–328.