Pengembangan Media Video Digital Interaktif Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 42 Kota Bima
Authors
Nur Ramdiatul Aulia , Sri Lastuti , Miftahul JannahDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.1021Published:
2025-04-20Issue:
Vol. 6 No. 2 (2025): In PressKeywords:
Video Interaktif, Keterampilan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media video digital interaktif dalam proses pembelajaran IPAS Guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 42 Kota Bima. Penelitian ini memanfaatkan metode Research and Development (R&D). Data yang dipakai pada penelitian ini mencakup data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 19 peserta didik dalam kelompok besar dan 10 peserta didik dalam kelompok kecil. Hasil penelitian oleh validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata pada tahap pertama antara lain 82,6% dan pada tahap kedua 92%, hasil validasi ahli materi pertama peroleh rata-rata nilai 90,8% dan pada tahap kedua 98%. Pada tahap uji coba kelompok kecil dilakukan untuk memperoleh respon guru dengan nilai rata-rata 98% dan respon siswa diperoleh nilai 93,3% dan dinyatakan media sangat praktis untuk diterapkan. Kefektifan media video digital interaktif dilihat pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang di peroleh dari peningkatan nilai pos-test siswa dibandingakan dengan nilai pre-test siswa dengan melakukan uji N-Gain memeperoleh nilai rata-rata 0,64 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, perangkat media, video digital interaktif dianggap sangat layak, praktis dan efektif mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswaReferences
Adnan, Mf., Sonang Siregar, P., & Rokania, S. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). ANALISIS TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Asih, N., & Ramdhani, D. S. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Azizah, M., Sulianto, J., Cintang, N., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2018). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013. In Jurnal Penelitian Pendidikan (Vol. 35).
Dendik, ), Mulyadi, U., Wahyuni, S., & 5li ¶dwll’lqdd+dqgddql, ). (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA FLASH FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP.
Fatimah, M. (n.d.). Media Pembelajaran Digital Sebagai Inovasi Pembelajaran Debat Dalam Forum Diskusi Pada Masa Pandemi Covid-19.
Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA Delina Andreani Ganes Gunansyah.
Jais, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (n.d.). MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD SELAMA PANDEMI COVID-19 (THE ADVANTAGES OF USING DIGITAL LEARNING MEDIA IN INCREASING LEARNING MOTIVATION OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS DURING THE COVID-19 PANDEMIC). In Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2).
Khasanah, B. A., Dwi Ayu, I., Matematika, P., Muhammadiyah, S., & Lampung, P. (n.d.). Tenaga Pengajar pada Program Studi Pendidikan Matematika (Issue 2).
Komputer, A. I., & Riau, U. M. (n.d.). ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM MANAJEMEN APARATUR RESPONSIF TERPADU (SMART) MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (Studi Kasus: Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan).
Mudinillah, A., Batusangkar, N., & Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, S. (n.d.). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 25 Tambangan.
Rahmawati, E., Nabilatul Fauziah, D., & Syafrida, R. (2022). Penggunaan Media Video untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4, 2655–6561. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i.1079
Ramadhan, A., Nur, M., Anwar, F., Jasmani, P., Kesehatan, O., Sd, S., & Bertingkat, I. M. (n.d.). Global Journal Sport MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN PJOK. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjs
Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271
Saadah, N., 1, A., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Seftiani, D. S., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6412–6418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3223
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782
Wahyu Kurniati Asri, dan, Kunci, K., Video, M., Menulis, K., Sederhana, K., & Bahasa Jerman, dan. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar 123 |Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume (Vol. 1, Issue 2).