Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Authors
Safira Lutfianti , Sudi Prayitno , Muhammad Turmuzi , Sripatmi SripatmiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.626Published:
2025-01-09Issue:
Vol. 6 No. 1 (2025): In PressAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Teorema Pythagoras ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 4 siswa kelas VIII.5 SMPN 2 Lingsar tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 2 siswa kategori gaya kognitif field independent dan 2 siswa kategori field dependent. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Tehnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika dengan gaya kognitif field independent sangat baik, yaitu subjek dapat melaksanakan empat tahap indikator pemecahan masalah menurut Polya yaitu tahap memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan tahap memeriksa kembali, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya kognitif field dependent masih kurang, yaitu kedua subjek hanya mampu melaksanakan tahap memahami masalah dan pada tahap menyusun rencana. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Teorema Pythagoras, Polya, Gaya Kognitif.References
Alifah, N., & Aripin, U. 2018. Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 505–512. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p505-512
Andriani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improve. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 83-100. https://dx.doi.org/10.30829/tar.v23i1.107.
Bassey, S. W. umoren, G., & Udida, L.A. (2007). Cognitive styles, secondary school student’ attitude and academic performance in chemistry in Akwa Ibom StateNigeria. Proceeding of EpiSTEME 2-International Conference to Rivew Research in Scienc, Technology and Mathematics Education, India.
Estiningrum, T., Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Implementasi Pogil Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 69–75.
https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/1048.
Gordon, H.R., & Wyant, L. J. (1994). Cognitive Style of Selected International and Domestic Graduate Students at Marshall University. (Online). (http://eric.ed,gov/ERICDocs/data/ericdocs2sql/content_storage_01/000019b/ 80/13/e8/ic.pdf, diakses 22 mei 2009.
Hardianti, & Seno, E. N. 2018. Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Berdasarkan Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 371–385. https://jurnal.unipar.ac.id.
Mustangin. (2020). Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Kota Tua.
Prabawa, E.A., & Zaenuri. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 6(1), 120-129. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/18426.
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori POLYA Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Pokok Bahasan Trigonometri
Siyoto, S., & Sodi, M.A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Suhatini, P. U., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. 2019. Profil Pemecahan Masalah Siswa dalan Memecahkan Masalah SPLDV Berdasarkan Tahapan POLYA Ditinjau dari Gaya Kognitif FI dan FD. Jurnal Kadikma, 10(1), 35–44. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i1.11656.
Sunandar, M.A., Zaenuri, Z., & Dwidayati, N. K. (2018). Mathematical Problem SolvingnAbilyti Of Vocational School Students On Problem Based Learningn Model Nuanced Ethnomatematics Reviewed From Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 1-8. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/21277.
Sukrening, E., Lambertus, Kodirun, & Busnawir. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(1), 1–12. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/560.
Suryani, & Hendrayadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekinomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ssiswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).
Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 34-41. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/6905.
Wulandari, Erni. 2016. Profil Kemampua Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VII Materi Pokok Fungsi di MTS Darul Falah Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan.
Wulan, E. R., & Anggraini, R. E. 2019. Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Jurnal Focus Action of Research Mathematic, 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1503.