Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN 2 Kekait (Sebuah Pendekatan Studi Kasus)

Authors

  • Siti Nasroh Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri MataramIndonesia
  • Yudin Citriadin
  • Rustam Rustam

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.610

Keywords:

Kepemimpian, Kompetensi , Professional Guru

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN 2 Kekait. Penelitian metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. penelitian ini menyoroti bagaimana kepala sekolah memfasilitasi pelatihan dan bimbingan teknis (BIMTEK) untuk meningkatkan penggunaan teknologi, termasuk kecerdasan buatan (AI) dalam praktik pengajaran dan administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berperan signifikan dalam menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif, mendukung pengembangan profesional, dan meningkatkan keterampilan teknis guru. Meski menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kepala sekolah mampu memotivasi guru untuk berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pendidikan modern. Temuan ini mendukung pentingnya kepemimpinan yang visioner dan supervisi klinis dalam memajukan kompetensi guru serta menegaskan bahwa keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada peran aktif kepala sekolah dan kolaborasi tim pendidikan.

References

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (2nd ed.). Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc

Elmuti, D., Minnis, W. and Abebe, M. (2005), "Does education have a role in developing leadership skills?", Management Decision, Vol. 43 No. 7/8, pp. 1018-1031. https://doi.org/10.1108/00251740510610017

Feralys, N. (2015). Kompetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada SMP Negeri dalam kota Banda Aceh. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7(1), 45–67. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:194050338

Fullan, M. (2017). Educational change depends on what teachers think and do—it’s as simple and as complex as that (Doctoral dissertation, The University of Waikato).

Fullan, M. (2023). The principal 2.0: Three keys to maximizing impact. John Wiley & Sons.

Hamid, A. (2020). Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 1-17

Hidayat, A. S., Badriah, L., & Maryati, R. (2024). Efektivitas Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 222-234.

Latifah, Faridah, S., & Nugroho, A. G. (2023). Kepemimpinan Dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Dan Kompetensi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. JIS: Journal Islamic Studies, 1(2), 203–211. Retrieved from http://qjurnal.my.id/index.php/jis/article/view/245

Lelo Sintani, M. M., Fachrurazi, H., Mulyadi, S. E., Nurcholifah, I., EI, S., Fauziah, M. M., ... & Jusman, I. A. (2022). Dasar Kepemimpinan. Cendikia Mulia Mandiri.

Luckin, R. (2024), "Nurturing human intelligence in the age of AI: rethinking education for the future", Development and Learning in Organizations, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/DLO-04-2024-0108

Mulyana, (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. (Bandung.PT. Remaja Rosdakarya. hlm 37-64

Napitupulu, B. (2024). Perkembangan Kompetensi Guru Di Indonesia: Sebuah Kajian Literatur [The Development Of Teacher Competence In Indonesia: A Literature Review]. Kairos: Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial, 4(2), 73-86.

Nurhalim, N., Saputra, M. Z. A., Ningsih, N. S., Amirullah, A., Musli, M., & Jamrizal, J. (2023). Konsep Kepemimpinan: Pengertian, Peran, Urgensi dan Profil Kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2070-2076.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.

Polit, D.F. And Hungler, B.P. (2010). Nursing Research.Principles and Methode. Philadelpia: Lippincott.

Prayoga, F. I., Masruroh, N., & Safitri, N. V. (2024) Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).

RI, K. P. N. (2019). Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Stake, R. (2005). The art of case research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. doi: 10.2307/329758.

Stronge, J. h. (2018). Qualities Of Effective Teacher (3rd ed., Vol. 1). Alexandria, VA: ASCD Publisher

Stronge, J. H., & Xu, X. (2021). Qualities of effective principals. ASCD.

Ulum, M. (2020). Kebijakan Standar Nasional Pendidikan. Syaikhuna, 11(1), 105-116.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Nasroh, S., Citriadin, Y. ., & Rustam, R. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN 2 Kekait (Sebuah Pendekatan Studi Kasus). Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 225–229. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.610

Issue

Section

Articles