Pengaruh Penilaian Formatif Berbasis Wordwall terhadap Kemampuan Kognitif dengan Pendekatan Eduwisata Siswa Sekolah Dasar
Authors
Bq. Weddayu Murferatiwi , Fitrah Ramadhanti , Sri Endang , Lalu Bayan Purwadi , Edy Herianto , Siti IstiningsihDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.605Published:
2024-01-09Issue:
Vol. 6 No. 1 (2025): In PressKeywords:
Penilaian Formatif, Wordwall, Kemampuan Kognitif, Pendekatan EduwisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian formatif berbasis wordwall terhadap kemampuan kognitif siswa dengan pendekatan eduwisata. Jenis penelitian ini kuantitatif, metode yang digunakan eksperimen dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group. Metode pengumpulan data melalui angket dan tes pilihan ganda. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sejumlah 42 yang terdiri dari 2 kelas paralel, dengan sampel kelas V/B berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas V/C berjumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen. Sampel tersebut dipilih melalui teknik nonprobability sampling. Prosedur penelitian dilakukan dengan tiga tahap yakni persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli media, bahasa, materi, soal penilaian kognitif, dan tes kemampuan kognitif. Hasil uji validasi media pada penilaian formatif berbasis wordwall ini memperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas bahasa sebesar 95% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas materi sebesar 93% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji validitas soal sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Sedangkan analisis data mencakup analisis deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis independent sample t-test dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai sig > 0,05, maka kedua kelompok kelas eksperimen dan kontrol tersebut homogen. Hasil uji hipotesis independent sample t-test dengan bantuan SPSS 25 menunjukkan bahwa nilai sig 0.00 < 0.05 hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya penilaian formatif berbasis wordwall berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dengan pendekatan eduwisata siswa sekolah dasar.References
Heritage, M. (2010). “Penilaian Formatif dan Sistem Penilaian Generasi Berikutnya: Apakah Kita Kehilangan Kesempatan?”, Dewan Kepala Pejabat Sekolah Negara Bagian, Washington, DC, AS,. [Online]. Tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED543063.pdf .
Jantke, KP & Hume, T. (2015). Pembelajaran Efektif Melalui Konstruksi Makna dalam Permainan Peran Digital. Konferensi Internasional tentang Elektronik Konsumen (Maret 2015): 653-656.
Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 395–412. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-3
Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M. I., & Tazki, N. N. (2020). Analisis Evaluasi Formatif pada Materi Kewajiban, Hak dan Tanggung Jawab Pelajaran PKN Kelas V SDN Salembaran III. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, (2)2, 255-269.
Nadia, D. O. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1924-1933.
Praditiya, Purnama, R., Pranoto, D., PGRI Madiun, U., Negeri, S., & Baru, T. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sd Negeri 2 Tahunan Baru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 37–46.
Prastiwi, S. (2016). Manajemen Strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten. Publika.
Purginia, M., Mozgovoy, M. & Ward, M. (2017). MALL dengan WordBricks: Membangun Kalimat yang Benar Bata Demi Bata. Ilmu Komputer: 254-259. https://doi:10.14705/rpnet 2017.eurocall2017.722.
Ramdhan, V., & Ramliyana, R. (2023). PKM Pelatihan Pembuatan Tes Formatif Menggunakan Aplikasi Wordwall di SDN Menteng Atas 01 Jakarta. Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, (2)1, E-ISSN: 2961 - 9637.
Saepudin, J. (2019). Daftar Isi Daftar Isi : 4(Juli), 249–266.
Salfadilah, F., Prastowo, A., & Wibowo, Y. R. (2023). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Penilaian Kognitif Berbasis Hots di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 36–
https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.9791
Sriyanto, B. (2021). Meningkatkan Keterampilan 4C dengan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 125–142. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.291
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,kualitatif, dan R&D).
Bandung : Alfabeta.
Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh Stunting terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. Jurnal Majority, 8(2), 273–282.
Zhyhadio, O.Y. (2022). Aplikasi Alat Berbasis Game Digital untuk Pembelajaran Formatif Penilaian pada Pelajaran Bahasa Asing. Teknologi Informasi dan Alat Pembelajaran, 87(1), 139-150. DOI: 10.33407/itlt.v87i1.4703.
Syahidi, K., Hizbi, T., Hidayanti, A., Ditinjau, B., Kemampuan, D., & Kritis, B. (2020). The Effect of PBL Model Based Local Wisdom Towards S tudent ’ s Learning Achievements on Critical Thinking Skills Pengaruh Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Prestasi. Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua, 3(1), 61–68.
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.