Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik
Authors
Tamyiza Firmasari , Ni Nyoman Sri Putu Verawati , Muh. Makhrus , Gunawan GunawanDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.515Published:
2024-11-04Issue:
Vol. 6 No. 1 (2025): In PressAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh model problem based learning berbantuan PhET simulation terhadap hasil belajar fisika peserat didik. Jenis penelitian yang digunakana addalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest postest control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Masbagik. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan cluster random sampling dengan kelas XI MIPA 1 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model problem based learning berbantuan media PhET simulation dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model konvensional. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji-t cuplikan kembar dengan taraf signifikan 5% yang mengahasilkan nilai thitung hasil belajar fisika peserta didik sebesar 3.49 lebih besar daripada nilai ttabel yaitu 2.00 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media PhET simulation terhadap hasil belajar fisika peserta didik dan hasil ini diperkuan oleh N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai N-Gain kelas kontrol.References
Arends, R. I. (2012). Learning to teach ninth edition (9th ed.). New Britain, USA: Library of Congress Cataloging.
Aripin, W. A., Sahidu, H., & Makhrus, M. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.120
Asriani, A. Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Proses Pembelajaran Fisika terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA Negeri 1 Bua Ponrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14(1), 319081.
Gunawan, G. (2016). Pemetaan Profil Kemampuan Penalaran Calon Guru Fisika di
FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 1–
https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.427
Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 173–180. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.397
Iman, H., Sutrio, S., & Hikmawati, H. (2022). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 43–51.
Intandari, R., Sri, A., & Maryani. (2018). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 349-355
Makhrus, M., & Wahyudi, W. (2020). Pembelajaran Kreatif Berbasis Student Centered Learning pada Elektronika Dasar I Melalui Model Problem Based Learning. Kappa Journal, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1912
Marianus, Umboh, S. I., & Umacina, N. D. P. (2020). Efektivitas Model PBL Berbantuan Media PhET terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa. CHARM SAINS: Jurnal Pendidikan Fisika UNIMA, 1(2), 39–43.
Munandar, H., Sutrio., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. 4(1), 111-120.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV [Study of the Effect of Online Learning on Grade IV Maths Learning Outcomes]. Jurnal Inovasi Penelitian [Journal of Research Innovation], 1(3), 265–276.
Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255
Pratiwi, R. I., Nyeneng, I. D. P., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan modul pembelajaran kontekstual berbasis. FKIP Universitas Lampung, 1, 69–79. https://media.neliti.com/media/publications/120491-ID-pengembangan-modul-pembelajaran-kontekst.pdf
Putra, D. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88–93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17
Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2), 105–109. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i2.111
Rahmawati., Yusrizal., dan Hasan, M. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pokok Bahasan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(1), Hal: 169-180
Sa’adah, N., Yoggi, M., Batuleu, P., Nur, D., Lembaga, A., Pendidkan, P., & Profesi, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations. Jurnal Lontar Physics Today, 2(2), 67–78. https://doi.org/10.26877/lpt.v2i2.15777
Setyawan, M., & Koeswanto, H. 2021. Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksa, 9(3), 489-496
Setyabudi, Sri., Sunarno, W., & Sukarmin. (2021). Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning Melalui Media Animasi dan Modul Interaktif Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Universitas Jember, 1(1), 1-13
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tri Wahono. (2022). Penguatan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Agama Hindu Pada Sistem Pembelajaran Blok Implementasi Merdeka Belajar. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 27(2), 175–183. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v27i2.189
Verawati, N. N. S. P., Handriani, L. S., & Prahani, B. K. (2022). The Experimental Experience of Motion Kinematics in Biology Class Using PhET Virtual Simulation and Its Impact on Learning Outcomes. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i1.729
Verawati, N. N. S. P., & Sukaisih, R. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Simulasi PheT: Studi Pendahuluan. Empiricism Journal, 2(1), 40–46. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.591
Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448.
Zaturrahmi., Festiyed., & Ellizar. (2020). The Utilization of Virtual Laboratory in Learning: A Meta-Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 228-236.