This is an outdated version published on 2024-11-05. Read the most recent version.

Pengaruh Metode Jelajah Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Mataram

Authors

  • Ovie Arista Universitas Mataram
  • Lalu Zulkifli
  • Baiq. Sri Handayani

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.485

Keywords:

pengaruh metode, jelajah alam sekitar, hasil belajar kognitif

Abstract

Metode jelajah alam sekitar yang dalam proses penerapannya mengajak siswa untuk melihat secara langsung bagaimana interaksi dapat terjadi antara makhluk hidup dengan lainnya dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode Jelajah Alam Sekitar terhadap hasil belajar hasil belajar kognitif pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya siswa kelas VII SMP Negeri 21 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent control group design. Hasil rata-rata pre-test kelas eksperimen 66,75 dan nilai post-test 95,75. Kelas kontrol nilai pre-test yaitu 62,35 dan nilai post-test 81,25.   Data statistik dianalisis dengan menggunakan teknik Paired samples T-Test atau uji t. Hasil uji t menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode jelajah alam sekitar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Neegeri 21 Mataram.

References

Alimah, Siti. 2014. Model Pembelajaran Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar. Strategi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa, Jurnal Penelitian Pendidikan. 31(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5686

Andriani, T. (2019). Penerapan Metode JAS (Jelajah Alam Sekitar) untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem SMPN I Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Universitas Islam Aceh.

Anggraini, L., Wahyuni D., & Salsa B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 7(1), 23-28. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5585

Anonim, (2013), IPA Terpadu Untuk SMP / MTs Kelas VII, Erlangga, Jakarta

Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, K. (2015). Peningkatan Hasil Belajar dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Keanekaragaman Hayati di MTs Miftahul Huda Sarang Rembang Kelas VII Semester Genap. Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Bunyamin. (2021). Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar,Inovasi, Dan Teori. Upt Uhamka. ISBN: 978-623-7724-13-1.

Chairul, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Di Kelas VIII MTS Darul Ma,arif Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fakhriyah, Fina., Sumaji., & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG. 2 (1): 781-790. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.559

Hartati, I. (2015). Penerapan JAS (Jelajah Alam Sekitar) berbasis Imtaq pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Universitas Agama Islam Negeri Cirebon.

Hidayah, W. (2014). Pengaruh Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kretek Bantul. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Mariana, A. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Konsep Pengelolaan Lingkungan dengan Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Model Conceptual Change. Universitas Indonesia.

Puspita,Y., & Nurhayati, S (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. 7(1): 2302-0008. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Sartika, E. (2013). Penerapan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem di SMP Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan. IAIN Syekh Nurjati.

Suastra, I. W. (2019). Pembelajaran sains terkini: Mendekatkan siswa dengan lingkungan alamiah dan sosial budayanya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyarto. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Komponen Ekosistem. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). 6(1).

Suprijono, A. (2016). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Syaifudin, A (2015). Efsektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester 2 Di SMA Negeri 2 Banguntapang. Universitas Yogyakarta.

Yuniastuti. (2013). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi dengan Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Ilmu – ilmu Sosial. 3(2) : 31-38.

Zaelani, R. (2016). Peran Minat Belajar Sebagai Intervening Dalam Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Economic Education Analysis Journal. 5(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13659

Downloads

Published

2024-11-05 — Updated on 2024-11-05

Versions

Issue

Section

Articles