Pengaruh Platform Let’s Read Terhadap Peningkatan Literasi Membaca Siswa Kelas III SD Negeri Bangka
Authors
Nurul Hafazah , Sukri Sukri , Muhammad ErfanDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.478Published:
2024-11-01Issue:
Vol. 5 No. 4 (2024): NovemberAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Platform Let’s Read terhadap peningkatan literasi membaca siswa kelas III SD Negeri Bangka, Dusun Bangka Malang, Desa Durian, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Pretest dan Posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji coba instrument yang meliputi Uji Validitas dan Uji Reliabelitas, Uji Prasyarat analisis data menggunakan Uji Normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Platform Let’s Read terhadap peningkatan literasi membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000. Nilai sig.(2-tailed) < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Platform Let’s Read terhadap peningkatan literasi membaca siswa kelas III SD Negeri Bangka.Keywords: Platform Let’s Read, Literasi MembacaReferences
Ananta, I. Farizka, Z.A. Kharisma, C. Dian, P. K. . (2022). Media Pembelajaran Let’s Read Meningkatkan Literasi Membaca pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar, 31–36. https://jurnal.upk.ac.id/index.php/sensaseda/issue/view/132
APJJI. (2023). Survei Internet, APJII 2023. APJII. https://survei.apjii.or.id/survei
Diao, A.L. Agustin, W.G. Dora, A.A. Santi, K. Stevanus, A. (2020). Literasi Informasi: 7 Langkah Knowledge Management. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.
Direktorat Statistika Keuangan, Teknologi, Informasi, dan P. (2020). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. Badan Pusat Statistik.
Effendi, D. Achmad, W. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129.
Ester, Tonia. Liansari, V. (2023). Pengaruh Aplikasi Let’s Read Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5171–5189.
Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.3091
Kamil, A. Sukri, B. (2023). Kemampuan Memproduksi Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sanggar. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 1479–1495. https://doi.org/https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/jcm/article/view/2297
Kemendikbudristek. (2023). Kemendikbudristek Luncurkan Merdeka Belajar Ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia. Ditsmp.Kemdikbud. https://doi.org/https://ditsmp.kemdikbud.go.id/merdeka-belajar-episode-23-buku-bacaan-untuk-literasi-indonesia/
Maruti, E. S. (2022). Ketahanan Literasi Anak-Anak di Masa Pandemi melalui Aplikasi Let ’ s Read (Children ’ s Literacy Resilience in a Pandemic Period Through the Let ’ s Read Application). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 247–260. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.9298
Mufida Nofiana, T. J. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9(1), 24–35. https://doi.org/http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/article/view/2876/2067
Nur’Aini. Fransisca. Ulumuddin. Ikhya. Sulinar, S. L. F. S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan Kemendikbudristek, 1–9. https://doi.org/http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23966
Nurhabibah, N., Habibi, M., Nursalim, N., & Risnawati, R. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Let’s Read dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 155–162. https://doi.org/https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1129
OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do: Vol. I (OECD (ed.)). https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
OECD. (2023). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education: Vol. I. 0ECD. https://doi.org/10.31244/9783830998488
Permatasari, A. D., Iftitah, K. N., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan Literasi Indonesia Melalui Buku Elektronik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 261. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p261--282
Subarta, G. (2022). Perpustakaan Digital. Universitas Negeri Malang, 1–11. https://doi.org/http://repository.um.ac.id/id/eprint/1297
Wuryanto, A. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Direktorat Guru Pendidikan Dasar.
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283