Hubungan E-Readiness dan Kecendrungan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.470Keywords:
Kemampuan E-Readiness, Kecenderungan Berpikir Kritis, Hasil Belajar BiologiAbstract
E-readiness dan kecenderungan berpikir kritis merupakan kompetensi penting yang dibutuhkan dalam pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simultansi hubungan e-readiness dan kecenderungan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 118 peserta didik kelas XI dari 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasional.Sample penelitian ditentukan menggunakan teknik sampling area. Instrument penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket E-readines, angket keenderungan berpikir kritis, dan dokumen hasil belajar biologi peserta didik. Hasil analisis data penelitian secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan e-readiness peserta didik pada kategori “baik†dengan persentase sebesar 68.6%, kecenderungan berpikir kritis peserta didik pada kategori “positif†dengan persentase sebesar 78%, dan hasil belajar biologi peserta didik pada kategori “Kurang†dengan persentase sebesar 79.7%. Hasil analisis kuantitatif dengan uji korelasi berganda antar variabel menunjukkan bahwa terdapat simultansi hubungan yang positif dan signifikan antara e-readiness dan kecenderungan berpikir kritis terhadap hasil belajar biologi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.588, dengan kategori cukup kuat. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan e-readiness, kecenderungan berpikir kritis secara simultan berkorelasi positif dan signifikan dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MAN di Kabupaten Lombok Tengah.
References
Carter, R. (2008). Critical thinking: An introduction. New York: Routledge.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16.
Husnuddu’a, A. U., Sarjana, K., Kurniawan, E., & Soeprianto, H. (2022). Pengaruh Kecendrungan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Padamateri Barisan Dan Deret Peserta didik Kelas XII SMA Negeri 1 Narmada. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 988–1001.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2021). Evaluasi E-readiness Pembelajaran Biologi Peserta didik SMA Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Research in Science Education, 7, 131-138.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2023). Effect Of E-readiness Skills, Metacognitive Awareness, and Biological Literacy On The High School Students’ Misconceptions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2), 252-264.
Jatnika, Y., Kusuma, B., dan Yuniati, S. (2017). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Karakter Bangsa. Edisi 6, Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud, Balitbang, Puspendik. (2023). Pendidikan di Indonesia: Belajar dan Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.
Matteucci, M. C. (2016). Responsibility for School Outcomes: Theacer, Student, and parent Point of View. In Edulearn16 Proceedings.
Mutula, S., & Brakel, P. (2006). An Evaluation of E-readiness Assessment Tools With Respect to Information Access: Towards an Integrated Information Rich Tool. International Journal of Information Management, 26, 212–223.
Profetto-McGrath, J. (1999). Critical Thinking Skills and Critical Thinking Dispotitions of Baccalaureate Nursin Student. Thesis. University of Alberta
Putriningtyas, A., Muhlis, & Bachtiar, I. (2022). Perkembangan Kecenderungan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Materi Biologi di MAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (3b), 1534 – 1542.
Safitri, R. M., Andayani, Y., & Jamaluddin, J. (2020). Korelasi Kecenderungan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Negeri Se- Lombok Barat. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 219–222.
Saputri, Resti., Nurlela, Nintin., & Patras, Yuyun Elizabeth. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38 – 41.
Sugiyono, S. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : ALFABETA.
Widyoko, E. P. (2012) Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl-Bloom’s Taxonomy Revised. Uderstanding the Nem Taxonomy Bloom’s.
Yogica, R., & Hasanah , J. (2019). Analisis Kesiapan Peserta Didik SMA Negeri 8 Padang Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 176-183.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.