Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Percaya Diri Siswa kelas IV SDN 6 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.467Abstract
Siswa yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi lebih berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan yakin akan kemampuannya. Namun berdasarkan observasi dan wawancara, rasa percaya diri siswa terlihat sangat rendah. Padahal sebelumnya guru telah mencoba menerapkan model dalam proses pembelajaran. Hal ini juga terlihat ketika melakukan presentasi, rata-rata siswa masih kurang percaya diri saat mempresentasikan hasil disukusinya dan saling lempar ketika menanggapi pertanyaan dari teman-temannya. Model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model PBL (Problem Based Learning), yaitu model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Skema Hopkins. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 6 Mataram. Tindakan yang dilakakukan adalah penerapan model PBL (Problem Based Learning) dan dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan pembahasan di atas, penerapan model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil pada siklus 1 sebesar 43% dengan kategori sedang dan pada siklus 2 sebesar 78% dengan kategori tinggi atau meningkat sebesar 11%.
References
Afida, I., Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep. 1-8.
Ahmadi, A. (2017). Pengaruh Kebiasaan Main Game dan Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 1(2), 9-11.
Andriani, A. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 2(1), 25.
Andriani, K. F. (2018). Menganalisis Hakikat Sosiologi dan Pendidikan. 0-4.
Anjali, I. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajan Problem Based Learning (PBL) untuk mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus. 2(1), 28-35.
Aulia, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTS Negeri 1 Langkat T,P 2019/2020.
Azizah, N. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa SMP/MTS. 3(4), 311-322.
Emirensia, J. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kimia. 2(1), 1-7.
Evi, N. Q. (2016). Pengaruh Problem Based Leraning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. 23(2009), 132-141.
Haryono, D. (2015). Filsafat Matematika: Suatu Tinjauan Epsitemologi dan Filosofis (A. Hadis (ed.)). Alfabeta.
Lestari, A. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Introvet di SMK Tritech Informatika Medan. 138-155.
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Journal of the American Chemical Society, 77(21), 5472-5476.
Pengestu, R. A., & Sutirna. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Terhadap Pembelajaran Matematika. 8(1), 118-125.
Puspitaningtyas, A. R. (2020). Penggunaan Metode Example untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal IKA, 8(2), 270-280.
Rezkillah, I. I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi High Order Thinking Skill terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan sikap Percaya diri. 8, 257-268.
Rusta, E. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. 6(1), 1-4.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika Kedudukan, Peran, dan Persepektif Permasalahan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal KELITBANGAN, 10(1).