Pengaruh Media Pembelajaran Diary Book Terhadap Minat Menulis Siswa Kelas II di SDN Model Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.456Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran diary book terhadap minat menulis siswa kelas II di SDN Model Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Lokasi penelitian di SDN Model Mataram, subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 44 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket minat menulis. Teknik analisis data diawali dengan uji pra-syarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data. Pengujian hipotesis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji effect size. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,039 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diary book berpengaruh terhadap minat menulis siswa kelas II di SDN Model Mataram.
References
Dincel, B., & Savur, H. (2018). Diary Keeping in Writing Education. Journal of Education and Training Studies.
Febriyanti E. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Diary Book Terhadap Keterampilan Menulis Argumen Siswa. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian.
Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59-109.
Graham, S., & Harris, K. R. (2005). Writing Better: Effective Strategies for Teaching Students with Learning Difficulties. Baltimore, MD: Paul H. Brookes Publishing.
Graham, S., & Perin, D. (2007). Writing next: Effective strategies to improve writing of adolescents in middle and high schools – A report to Carnegie Corporation of New York. Washington, DC: Alliance for Excellent Education.
Graham, S., Harris, K. R., & Mason, L. (2005). Improving the writing performance, knowledge, and self-efficacy of struggling young writers: The effects of self-regulated strategy development. Contemporary Educational Psychology, 30(2), 207-241.
Nissa, I. A., Sabur, A., & Forsia, L. (2021). The Effect of Using Diary to Improve Students Writing. English Language Education Journal, 2(2).
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67.
Sugiastuti, Ni P. M., et al. (2015). Pengaruh Penggunaan Diary Book Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Restumuning Perean. Jurnal Administrasi Pendidikan UNDIKSHA, 6(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo & Rosya M. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Think Talk Write Berbantuan Media Komik Strip Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Siswa Kelas V SD 1 Tritis. Jurnal Kredo, 1 (2), 148-161.