Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.450Keywords:
model creative problem solving, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Materi fisika yang digunakan pada penelitian ini adalah gejala pemanasan global. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran creative problem solving sebagai variabel bebas terhadap kemampuan berpikir kritis sebagai variabel terikat. Selain kedua variabel itu, variabel kontrol pada penelitian ini meliputi aspek-aspek perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, LDPD, bahan ajar, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis, serta faktor-faktor lain seperti alokasi waktu, peneliti yang mengajar, dan metode penilaian yang seragam di antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Labuapi yang berjumlah dua kelas. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik saturated sampling (sampling jenuh). Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 81,030 dengan kriteria kritis dan kelas kontrol 73,976 dengan kriteria sedang. Hipotesis penelitian di analisis menggunakan uji t polled varians, diperoleh thitung sebesar 4,25 dan ttabel sebesar 1,706 pada taraf signifikan 5%, sehingga didapatkan thitung > ttabel, mak H0 ditolak dan Ha diterima. Uji N-Gain dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpkir kritis peserta didik setelah diberikan perlakuan sehingga didapatkan N-Gain untuk eksperimen 0,60 dan kelas kontrol 0,36 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.
References
Akbar, M. A., Hikmawati, H., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Guided Inquiry Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Pringgarata. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika
Andri Kurniawan, Herman, Dyan Yuliana, Lia Mardiyanti, Syahdara Anisa Makruf (2022). Metode Pembelajaran Inovatif.
Jou, A., Of, N. A. L., Medical, G., Feb, S., & Modeling, F. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan.
Lestari, E., 'Ardhuha, J., Verawati, N. N. S. P., & Susilawati. (2023). Validitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Maharani, N., Murdiyanto, T., & Hadiyan, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta.
Prayogi, S., Yuanita, L. & Wasis. (2018). Critical-Inquiry-Based-Learning: A model of learning to promote critical thinking among prospective teachers of physic. Journal of Turkish Science Education.
Rachmawati, Dwita, & Eli Rohaeti. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, Dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik.†Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains VI.
Rokhmat, Joni. (2023) Pengenalan Model Pembelajaran Kausalitik Untuk Guru, Calon Guru, Dan Dosen.Jakarta:Erlangga
Setyawan, A., & Nuryati, E. (2021). Analisis Penerapan Model Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Wijaya, H., Suryadi, D., & Kartowagiran, B. (2022). Pembelajaran Kontekstual dalam Materi Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Physics Education.
Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.