Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Quizizz IPAS Kelas V SDN 8 Cakranegara

Authors

  • Yana Latifah Universitas Mataram
  • I Wayan Merta Universitas Mataram
  • Nursiah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.441

Keywords:

keaktifan, media quizizz, IPAS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas akibat metode pengajaran konvensional yang cenderung monoton dan membosankan, sehingga siswa kehilangan fokus. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menggunakan media pembelajaran Quizizz sebagai alternatif guna meningkatkan keaktifan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V di SDN 8 Cakranegara melalui penggunaan Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 21 siswa sebagai subjek. Keberhasilan penelitian diukur dengan indikator tercapainya tingkat keaktifan siswa minimal 70%. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus I, rata-rata nilai keaktifan siswa adalah 52,2% yang masuk dalam kategori cukup. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan, di mana rata-rata keaktifan siswa pada pertemuan pertama dan kedua mencapai 73,81% yang masuk kategori tinggi. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz dalam pembelajaran IPAS kelas V dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru dalam memanfaatkan media Quizizz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas.

References

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376

Ariyanto, T. P., Harsan, T., & Hadiprasetyo, K. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas-IV Melalui Aplikasi Quizizz Dalam Kegiatan Evaluasi Pemelajaran. Educatif Journal of Education Research, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.135

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Loupatty, F. D., & Saragih, M. J. (2021). Pemanfaatan Media Quizizz Pada Latihan Soal Untuk Mendorong Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring [The Utilization Of Quizizz Media In Problems To Improve Students’learning Activeness In Online Learning]. Johme: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(2), 260-278. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v5i2.2841

Mukharomah, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Berbasis Daring di MI Al Muqorrobiyah. Waniambey, 2(1), 12-20. 10.53837/waniambey.v2i1.52

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., & Ekonomi, J. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.

Pranoto, S. E. (2020). Penggunaan game based learning quizizz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi materi globalisasi kelas xii IPS SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 25-38. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45758

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Rifa’ie, M. (2020). Fleksibilitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Flexibility of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 197-205.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Saniah, S. L., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SD Bakung III. Jurnal Sosialisasi, 8(2), 76-80.

Utami, M. D., Subroto, W. T., & Hendratno, H. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Quiziz Dalam Pembelajaran IPS Kelas V. Journal of Education Research, 4(4), 2420-2425. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.646

Zhao, F. (2019). Using Quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37-43.

Downloads

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles