Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Gugus II Kecamatan Sandubaya
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.437Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN Gugus II Kecamatan Sandubaya pada mata pelajaran IPA, dengan nilai rata-rata di bawah KKM 65. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi siklus air di SDN Gugus II Kecamatan Sandubaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental tipe PretestPosttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus II Kecamatan Sandubaya yang berjumlah 147 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 siswa yang ditentukan dengan probability sampling dengan jenis cluster sampling (area sampling). Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes tertulis berbentuk essay sebanyak 10 soal. Instrumen penelitian adalah lembar tes soal essay. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (model group investigation) memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 80,74. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol (model konvensional) sebesar 68,67. Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi siklus air di SDN Gugus II Kecamatan Sandubaya Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, IPA, Model Pembelajaran Group Investigation
References
Arnanda, B. O., & Indarini, E. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning ( DL ) dan Group Investigasi ( GI ) terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. 6(Dl), 5085–5092.
Fiqri M, Sri Wahyuningsih & Tina Nurhasanah. (2022). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketplace Terbaik Menggunakan Metode AHP pada Kelurahan Gunung Batu Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. 2(2), 268–280
Ilhamdi, Mohammad Liwa & I Gde Mertha. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Biologi Umum. FKIP Universitas Mataram. 15(1), 20–26. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1
Km, N., Phramesti, I., Murda, N., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Questions Card Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA. 1(2), 46–55.
Maja, C. M. A., Nurhasanah, & Husniati. (2021). Pengaruh Metode Group Investigation Terhadap Aktivitas Belajar Muatan Ips Siswa Kelas Iv Sdn 3 Sambelia Tahun Pelajaran 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 1(1), 16–22.
Nurhasanah, N. (2018). Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Mahasiswa Mata Kuliah Geometri. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), 62. https://doi.org/10.35329/fkip.v14i1.186
Nuryanti, Lilis., Siti Zubaidah., & Markus Diantoro. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535
Wicaksono Bintang, Dkk. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation ( Gi ) Dan Think Pair Share ( Tps ) Terhadap Kemampuan. 8(2), 1–8