Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathemathic terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

Authors

  • Fitri Handayani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Silvi Trisna Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Husna Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.425

Keywords:

Pendekatan pembelajaran, STEM, hasil belajar

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Pendekatan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Tahap F SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experimental dengan desain kelompok post-test saja. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Tahap F pindah kelas Fisika 3 dan Fisika 4 SMAN 1 Koto XI Tarusan yang terdiri dari 51 yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir berupa esai, lembar observasi siswa selama pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil yang diperoleh berada pada domain kognitif kelas eksperimen rata-rata 74,28 dan kontrol 73,95. Hasil penilaian pada ranah afektif siswa kelas eksperimen selama proses pembelajaran rata-rata 62,8 3 dan kontrol 52,71. Selanjutnya, pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney yang diperoleh Z_count = 1,334 <Z_table = 1,96 H_0 diterima, sehingga hipotesis penelitian ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh Pendekatan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Tahap F SMAN 1 Koto XI Tarusan.

 

Kata kunci: Pendekatan pembelajaran; BATANG; Hasil Pembelajaran

References

Abdul, Majid dan Aep S. Firdaus. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung:Interes Media

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95–101. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548

Ishak, A. M. F., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Baru. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 38–58. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/26603

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik. PT. Rajagrafindo Persada.

Milinia, G., Trisna, S., & Yanti, I. R. (2022). Ppengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Gelombang Bunyi Dan Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 271. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i2.5031

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1081

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (Mixed Methods).

Suriti, K. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis STEM dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari, 22(1), 382–394. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661896

Syukri, M., Halim, L., & Meerah, T. S. M. (2013). Pendidikan STEM dalam enterpreunal science thinking “ ESciT â€: satu perkongsian pengalaman dari UKM untuk aceh. Academy Of IIlamic Studies, University Of Malaya, Kuala Lumpur, May 2014, 105–112.

Downloads

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles