Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i3.413Keywords:
Model Problem Based Learning, Powerpoint Interaktif, Keterampilan Berpikir Kritis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika kelas XI. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol yang tidak setara. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling purposive dan diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas Kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model Problem Based Learning dengan bantuan media powerpoint interaktif, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 80,271, sedangkan di kelas kontrol yaitu 67,329. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians menghasilkan nilai thitung sebesar 5.62, dengan ttabel sebesar 2,00 dan tingkat taraf signifikan 5%. Analisis data menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning dengan berbantuan media powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika di SMAN 7 Mataram.
References
Agustina, K., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media phet terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis fisika peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 17-24.
Anggreni, Y. D., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta- analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. Pillar Of Physics Education, 12(4).
Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH: Jurnal Education and Technology, 1(1).
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Fatimah, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta didik Kelas XII SMK N 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. (Skripsi). Mataram. Universitas Mataram.
González, R., & Batanero, F. (2016). Areview of Problem-Based Learning applied to Engineering. EduRe Journal International Journal on Advancesin Education Research EduRe Journal No, 3(1), 2340– 2504.
Gunada, I. W., Ismi, R., Verawati, N. N. S. P., & Sutrio, S. (2023). Analisis Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir kritis Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 489-495.
Hidayatin, S., Verawati, N. N. S. P., & Susilawati, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Materi Momentum dan Impuls Kelas X. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 663-671.
Kamil, P. (2019). Perbedaaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Powerpoint dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2), 64-68.
Kudsiyah. S. (2017). Pengembangan Multimedia Powerpoint Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas Viiid Smpn 1 Jabon. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol 05 Nomor 01 Tahun 2017
Leow, F. T., & Neo, M. (2014). Interactive multimedia learning: Innovating classroom education in a Malaysian university. TOJET: Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol 13(Issue 2).
Prayogi, S., Yuanita, L., & Wasis. (2018). Critical-Inquiry-Based-Learning: Model of Learning to promote Critica Thingking Ability of Pre-service Teacher. J. Phys,:Conf. Ser. 947,1-7.
Shofiyah, N., & Wulandari, F.E (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33.
Sudiantini, D., & Shinta, N., (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, Vol 11 No(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.