Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Dengan Konteks Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Hikmawati Hikmawati University of Mataram
  • Baiq Julia Setyaningrum Universitas Mataram
  • Dede Lia Agustina Universitas Mataram
  • Farid Mansyur Universitas Mataram
  • Galuh Permatasari Universitas Mataram
  • Joni Rokhmat Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v3i2.189

Keywords:

Metode eksperimen, kearifan lokal, Gendang Beleq

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis metode eksperimen pada pembelajaran IPA dengan konteks kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode kualitatif dengan tinjauan kepustakaan. Konsep yang dianalisis meliputi metode eksperimen, kearifan lokal Gendang Beleq di daerah Lombok, materi IPA tentang bunyi. Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPA dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kearifan lokal berupa Gendang Beleq dapat dihubungkan dengan materi IPA yaitu Bunyi. Penerapan metode eksperimen dengan konteks kearifan lokal tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA tetapi juga dapat melestarikan kearifan lokal daerah setempat.

References

Aisa Nikmah Rahmatih, Mohammad Archi Maulyda, M. S. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. J.Pijar MIPA, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Djamarah & Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Fazalani, R. (2020). Kesenian Gendang Belek Masyarakat Suku Sasak Sebagai Budaya Tradisional. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 256–268.

Fitriani. (2019). Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Kelas IV SDN Topa Kota Baubau. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 122. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3111

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Hurit, A. A., & Wati, M. L. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2455

I.Arend, R. (2012). Learning To Teach. McGraw - Hill Education.

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. 1(1), 43–50.

Kallesta, K. S. (2017). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 49–50.

Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182–189. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35552

Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan. 3(1), 67–74.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Pitoyo, A. J., & Triwahyudi, H. (2018). Dinamika Perkembangan Etnis di Indonesia dalam Konteks Persatuan Negara. Populasi, 25(1), 64. https://doi.org/10.22146/jp.32416

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. PT.Rineka Cipta.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. PT.Raja Grafindo Persada.

Shufa, F., & Khusna, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.

Somantri, A., Djumhana, N., & Hendriani, A. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Kelas V Sd. Pendidikan, III(2), 29.

Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal (Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains). FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sudirman, Rusyan, Arifin, & F. (1991). Ilmu Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Wardana, I. K., Marhaeni, A. A. I. ., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Kontekstual Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Sains Pada Siswa Kelas IV SD GUGUS V e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program, 3, 12.

Widiyati, C. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 2, 84–93. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/264

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Hikmawati, H., Setyaningrum, B. J., Agustina, D. L., Mansyur, F., Permatasari, G., & Rokhmat, J. (2022). Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Dengan Konteks Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 3(2), 11–15. https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v3i2.189

Issue

Section

Articles