Membangun Viabilitas Bisnis Dengan Kekuatan Modal Maya Pelaku UKM di Era Triple Disruption: Kasus para Pelaku UMK di Nusa Tenggara Barat
Authors
Abdul Aziz Bagis , Ketut Surasni , Budi Santoso , Nur Aida ArifahDOI:
10.29303/jpmsi.v4i(1).174Published:
2023-07-03Issue:
Vol. 4 No. (1) (2022)Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Peran dan kontribusi usaha kecil dan menengah di dunia bisnis tidak diragukan lagi, karena mampu menciptakan lapangan kerja dan menjaga stabilitas ekonomi di negara berkembang. Tantangan bagi usaha kecil dan menengah di era ekonomi yang bergejolak dewasa ini, adalah bertahan hidup dan mampu tumbuh kembang di era disrupsi dewasa ini. Untuk itu diperlukan perubahan kriteria keberhasilan dari sekedar mendapat keuntungan jangka pendek menjadi keberhasilan membangun usaha untuk jangka panjang. Membangun keberlangsungan suatu entitas bisnis, di era bergejolak dewasa ini, memerlukan kekuatan utama yang bersumber dari potensi dan kompetensi para pelaku usaha itu sendiri, sekaligus mencerminkan pemilikan modal maya. Kajian difokuskan pada usaha kecil dan menengah di Nusa Tenggara Barat, yang memiliki rata-rata usia operasi melebihi sepuluh tahun atau lebih. Hasil temuan telah menunjukkan bahwa keberhasilan usaha kecil dan menengah dalam membangun keberlangsungan usaha mereka, terbukti sangat ditentukan oleh pemanfaatan modal maya yang meliputi modal intelektual, modal sosial dan modal kredibilitas para pelaku itu sendiri, secara sinergis. Paradigma kriteria keberhasilan jangka panjang atau viabiliti ini diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan adaptif dan inovatif di tengah perubahan lingkungan bisnis yang sangat bergejolak.References
Bagis, A. A. (2018a). Developing Entrepreneurship Through Human Capability A Case of University Students in west Nusa Tenggara, Indonesia. On Economics And Business, 224.
Bagis, A. A. (2018b). Entrepreneurship Development based on Human Potentials : A case of university students in Indonesia. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(11), 194–200.
Bagis, A. A. (2019). Social Capital Contribution On The Survival Of Business Entities. Social Capital, 37.
Bagis, A. A., Surati, S., & Nururly, S. (2018). Kontribusi Modal Maya dalam Membangun Keberlangsungan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i2.310
Bamiatzi, V. C., & Kirchmaier, T. (2014). Strategies for superior performance under adverse conditions: A focus on small and medium-sized high-growth firms. International Small Business Journal. https://doi.org/10.1177/0266242612459534
Blackburn, R., De Clercq, D., Heinonen, J., McAdam, M., & Soetanto, D. (2017). Networks and Entrepreneurship. In The SAGE Handbook of Small Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.4135/9781473984080.n5
Brem, A., & Gasse, L. (2008). Performance measurement in SMEs : literature review and results from a German case study. 2(4).
Clercq, D. De, Danis, W. M., & Dakhli, M. (2010). The moderating effect of institutional context on the relationship between associational activity and new business activity in emerging economies. 19, 85–101. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2009.09.002
Davis, J. L., Bell, R. G., & Kreiser, P. M. (2010). Entrepreneurial Orientation and Firm Performance : The Moderating Role of Managerial Power. 25(2), 41–55.
de Geus, A. (1997). The living company. Harvard Business Review.
Hashim, M. J., Osman, I., & Alhabshi, S. M. (2015). Effect of Intellectual Capital on Organizational Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 207–214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.085
Höfer, S., Gander, F., Höge, T., & Ruch, W. (2020). Special Issue: Character Strengths, Well-Being, and Health in Educational and Vocational Settings. Applied Research in Quality of Life, 15(2), 301–306. https://doi.org/10.1007/s11482-018-9688-y
Kasali, R. (2018). The Great Shifting. In Series on Disruption.
Maryanti, S., Netrawati, I. O., & Faezal, F. (2019). Menggerakkan Perekonoian Melalui Pemilihan Usaha dan Industri Mikro Kecil Menengah Pasca Gempa NTB. MEDIA BINA ILMIAH. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.342
Phillips, P., & Raby, S. (2017). Small and medium-sized enterprises. In Contemporary Issues in Strategic Management. https://doi.org/10.4324/9781315674827
Value, C., Hitt, M. A., Ireland, R. D., Sirmon, D. G., & Trahms, C. A. (2011). Strategic Entrepreneurship : 57–76.