Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Melalui Implementasi Konsep Kimia dalam Bentuk Permainan Sederhana di SMAN 4 Praya

Authors

  • Eka Junaidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Aliefman Hakim
  • Saprizal Hadisaputra
  • Yunita Arian Sani Anwar
  • Baiq Fara Dwiriani Sofia

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.134

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia melalui implementasi konsep kimia dalam bentuk permainan sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 4 Praya. Melalui kegiatan ini diharapkan anggapan siswa pada mata pelajaran kimia yang termasuk pelajaran yang sulit, membosankan, menakutkan dapat diubah menjadi pelajaran yang disukai, menyenangkan sehingga motivasi belajar kimia dapat ditingkatkan sebagai bagian dari upaya peningkatan hasil belajarnya. Metode pelaksanaan pengabdian yang semula akan dilaksanakan secara luring tetapi karena pelaksanaannya dilaksanakan saat pandemi sehingga pelaksanaan kegiatan dimodifikasi menjadi daring dengan pembuatan video implementasi konsep kimia dalam bentuk permainan sederhana. Adapun tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini diantaranya : 1). Pembuatan Video praktikum sederhana dengan menampilkan beberapa implementasi konsep kimia sederhana. 2). Penyebaran angket quisioner motivasi belajar terutama ditujukan bagi peserta pengabdian setelah menyaksikan video praktikum sederhana. 3). Tahap analisa hasil respon siswa untuk mengetahui tingkat motivasi siswa dalam pembelajaran kimia meskipun pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 18 September 2020, yang diikuti oleh Siswa SMAN 4 Praya yang terdiri atas perwakilan kelas XI IPA 3 (sebanyak 20 siswa) dan Kelas XI IPA 6 (sebanyak 22 siswa) sehingga total peserta sebanyak 42 siswa. Berdasarkan hasil tanggapan siswa diperoleh informasi : 1). Sebanyak 95,2 % (40 siswa) menyatakan bahwa kimia adalah mata pelajaran yang menyenangkan, 2). Sebanyak 95,2% (40 siswa) menyatakan pelajaran kimia akan menarik jika dilakukan praktikum di laboratorium, serta c). Sebanyak 97,6% (41 siswa) menyatakan bahwa demonstrasi kimia meningkatkan motivasi belajar kimia. Dengan demikian adanya implementasi konsep kimia dalam bentuk permainan sederhana ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar kimia sekaligus merubah cara pandang siswa terhadap kimia menjadi pelajaran yang mudah, menarik, menyenangkan dapat tercapai serta harapan dan tujuan dari kegiatan pengabdian di SMAN 4 Praya dapat tercapai.

 

Kata kunci: Implementasi, Konsep Kimia, Permainan Sederhana, Motivasi

References

Adijuwana Hendra, 1992, Manajemen Laboratorium, Istitut Pertanian Bogor, Bogor.

Ashadi, 2009, Kesulitan belajar kimia bagi siswa sekolah menengah, https://library.uns.ac.id/kesulitan belajar kimia bagi siswa sekolah menengah di download tanggal 24 Februari 2020

Budiono Djoko, 1992, Pengantar Kegiatan Laboratorium Biologi, University Press IKIP Surabaya. https://saintif.com/reaksi-kimia/ (di unduh tanggal 29 Nov 2020)

Junaidi, E, dkk 2019, Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa SMA Masuk Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unram Melalui Pengenalan Praktikum Kimia Sederhana Di SMAN 1 Pringgarata, Laporan Pengabdian PNBP 2019

John W. Hansen & Gerald G. L.. (2004). Developing technology teachers : questioning the industrial tool use model. Journal of Technology Education. 15 (2), 20 – 32.

Mulyono, 2006, Membuat Reagen Kimia, Bumi Aksara, Jakarta.

Padmawinata Djupri, dkk., 1983, Pengelolaan Laboratorium IPA, Dirjen Dikti, Jakarta.

Sudarmadji Slamet, dkk., 1984, Prosedur Analisa untuk Bahan Makanan dan Pertanian, Liberty, Yogyakarta.

Tim, 2002, Pedoman Standar Minimal Pendayagunaan Peralatan Laboratorium Kimia, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Jakarta.

Tim, 2004, Penanganan Bahan – bahan Kimia Berbahaya dan Beracun Serta keselamatan Kerja, Pusat Penelitian Kimia, Bandung.

Wulanningtyas, N, D, 2018, Belajar Kimia sambil Bermain, http://jatengpos.co.id/belajar-kimia- sambil- bermain/

___________, 2015, Belajar Sambil Bermain (Learning By Games), https://www.kompasiana.com/nabupaloh/550d5ef9813311502cb1e2cc/belajar -sambil-bermain-learning-by-games

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Junaidi, E., Hakim, A., Hadisaputra, S., Anwar, Y. A. S., & Sofia, B. F. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Melalui Implementasi Konsep Kimia dalam Bentuk Permainan Sederhana di SMAN 4 Praya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 3(2), 121–126. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.134

Issue

Section

Articles