Penggunaan Boneka Kulit Jagung Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Kelompok B di TKN Pembina Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024
Penulis
Soraya Rosanti , Abdul Kadir Jaelani , I Nyoman SuartaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.694Diterbitkan:
2025-01-12Terbitan:
Vol 6 No 1 (2025): In PressKata Kunci:
Boneka kulit jagung, kecerdasan sosial emosional, anak usia dini, metode bermain peran.Abstrak
Dalam menghadapi rendahnya perkembangan sosial emosional anak-anak, yang ditandai dengan kurangnya kemampuan mereka untuk beradaptasi, berbagi, dan menunjukkan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak dengan menggunakan kelompok B di TKN Pembina Cakranegara pada tahun ajaran 2023/2024 sebagai sampel melalui penggunaan media pembelajaran boneka kulit jagung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan boneka kulit jagung efektif dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak yang ditunjjukan dengan nilai rata-rata posttest meningkat signifikan dibandingkan pretest, dimana awalnya nilai rata-rata pretest sebesar 36.93 dan meningkat menjadi 85.07 saat posttest. Dan seluruh anak mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) setelah diberikan perlakuan. Dengan kata lain, boneka kulit jagung terbukti sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif, yang dapat meningkatkan keterlibatan anak-anak dalam pembelajaran.Referensi
Anna, S. M., Jamiludin, U. & Luthfatun, N. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Paud/Kb Al-Munawarah Pemekasan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini; Vol. 1 No.1.
Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar, 2002. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Asih, G.Y. & Pratiwi, M.M.S. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. https://www.neliti.com/publications/246586/perilaku-prososial-ditinjau-dari-empati-dan-kematangan-emosi
Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta.
Briggs, R.D. (2012). The Importance of Social Emotional Development in Early Childhood.
Criticos, 1996. Media selection. Plpmp, T.,&Ely, D. P. (Eds): international Encyclopedia of educational technology, 2nd edition. New york : lawrwnce Erlbaum Associates Publishers.
Damanhuri, Enri & Tri, Padmi.2010. Pengelolaan Sampah. Diktat Kuliah Tl- 3104. Program Studi Teknik Lingkungan. Itb. https://www.academia.edu/11499790/Diktat_Sampah_Prof_Damanhuri
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran . Bandung: Satu Nusa.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.
Djamarah & Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ginting, A. (2016). Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung Untuk Produk Modular Dengan Teknik Pilin. Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 32(1), 51-62. http://ejournal.kemenperin.go.id/dkb/article/view/1180
Goleman, Daniel. (2004). Emotional Inteligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/4806/pdf
Hakim. A.R., Ilhamdi. M.L., & Jaelani. A.K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran INKUIRI Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Peresak Bebuak Kecamatan Kopang Tahun Ajaran 2020/2021.
http://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/66
Haryani. R.I. (2019). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. https://www.researchgate.net/publication/351679846_Pembentukan_Karakter_Tanggung_Jawab_Di_Taman_Kanak-Kanak_Islam_Budi_Mulia_Padang
Hogg, M.A. & Vaughan, G. (2002), Social Psychology: An Introduction. London : Pearson Education.
Junaidi, J. (2010). Tabel t (df= 1-200).
Kustandi, Cecep., dan Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran : Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana. https://books.google.co.id/books/about/Emosi_Anak_Usia_Dini_dan_Strategi_Pengem.html?id=nT6-DwAAQBAJ&redir_esc=y
Mauliddia, Nisa, Jiwandono. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Ritatoon untuk Menarik Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 1 Kerumut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2) 620-8326.
Miarso, Yusufhadi. (2007). Meyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: kencana.
Nurfadniati., M.A Muazar Habibi ,, Abdul Kadir Jaelani., Baik Nilawati Astini. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/2356
Nurhayati, (2016). Penerapan Metode Bermain Peran Makro Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Kelompok B Di Tk Bhakti Ibu I Mataram Tahun 2016/2017. Jurnal program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.(online). http://eprints.unram.ac.id/6602/1/JURNAL%20SKRIPSIKU..pdf
Pujiati, Desti. (2013). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Peran. PAUD Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. https://media.neliti.com/media/publications/118258-ID-peningkatan-keterampilan-sosial-melalui.pdf
Rossi dan Briedle. (1996). Dalam Wina Sanjaya serta Datyanto yang dikutip dari http://catatanringans.blogspot.com/2018/02/10-pengertian-media-pembelajaran.html
Rudi, H. (2008). Penanganan Dan Pengolahan Sampah. Bogor: Penebar Swadaya.
Sarwono, S. W. (2002). Psikologi sosial, individu dan teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Setyosari, Punagi. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wahyuni, S., Astini. B. N., Suarta. I. N., Astawa. I. M. S. (2021). Pengembangan Boneka Kulit Jagung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education. Vol. 2 No. 1. Hal: 185-190. https://www.journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/635
Zulkifli L. (2009). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.