Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas X-3 SMA Negeri 3 Mataram

Authors

  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Mataram
  • Arjudin Arjudin Universitas Mataram
  • Ida Ayu Made Ratna Dewi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.946

Keywords:

Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Matematika, Eksponen, Logaritma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-3 SMA Negeri 3 Mataram pada materi eksponen dan logaritma. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa yang hasil belajarnya diukur melalui tes serta observasi keaktifan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT meningkatkan rata-rata nilai siswa dari 68 pada siklus I menjadi 82 pada siklus II, serta persentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM meningkat dari 55% menjadi 83%. Selain itu, partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Model TGT terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep eksponen dan logaritma melalui mekanisme kerja sama dan kompetisi yang menyenangkan. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa.

References

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research.

Rani, D. E. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(4), 6068-6077. DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.3146

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Siregar, F. S. ., Neliwati, & Lubis, R. S. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Dan TTW Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 34–40. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/276

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78–87. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Wahnyuni, M., Irham, M., & Akmal, N. (2021). Problematika pembelajaran matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles