Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Iman Sari Universitas Mataram
  • Nurhasanah Universitas Mataram
  • Nurhasanah

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.892

Keywords:

Project Based Learning, Laboratorium Virtual, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Pembelajaran IPAS seharusnya dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berkreasi dalam memahami materi yang dipelajari. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran II'AS adalah menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan media virtual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan Project Based Learning berbantuan laboratorium virtual pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 16 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadopsi model Kemmis && McTaggart yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 60% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih tinggi menjadi 86%. Hal ini menunjukkan bahwa Project Based Learning berbantuan laboratorium virtual yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS

References

Adi, D. (2015). Pengembangan Virtual Laboratory pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bondowoso. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bell, S. (2010). Project-based Learning for The 21st Century: Skills for The Future. The Clearing House, 83(2), 39-43.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

Damayanti, F., Maasawet.,E. T., Tindangen, M., Maria, V., & Rambitan, M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Lab Berbasis PBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Sistem Ekskresi, 8 (3), 503-509. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.3.503-509

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The Effect Of Project Based Learning With Virtual Media Assistance On Student’s Creativity In Physics. Cakrawala Pendidikan, XXXVI, No. 2, 167-179.

Herga, N. R., Cagran, B., dan Dinevski, D. 2016. Virtual Laboratory in the Role of Dynamic Visualisation for Better Understanding of Chemistry in Primary School. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 12 (3):593-608.

Hermana, A.H.D., Subekti, h., & Sabtiawan, W.B. (2022). Implementasi Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Sains Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(2), 233-239.

Krajcik, J. S., & Shin, N. (2014). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.). The Cambridge Hand¬book of the Learning Sciences (pp. 275–297).

Lucas, George. 2007. How Does Project-Based Learning Work?: Tools for understanding the process of planning and building projects. https://www.edutopia.org/project-based-learning-guide-implementation. Diunduh 16 Maret 2017.

Salim, H., Karo, I.R., & Haidir. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Medan : Perdana Publishing.

Sarini, P. (2015). Pengaruh Virtual Experiment Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V.

Shpeizer, R. (2019). Towards a successful integration of project-based learning in higher education: Challenges, technologies and methods of im-plementation. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1765-1771.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Swandi, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia. Volume: XVII, Nomor: 52, ISSN: 1410- 2994.

Downloads

Published

2025-08-28

Issue

Section

Articles