Penerapan Literasi Lintas Mata Pelajaran untuk Mengoptimalkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas V MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang

Authors

  • Annisa Kurniati Universitas Mataram
  • Hari Witono Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.888

Keywords:

Bahasa, Keterampilan berbahasa, keterampilan literasi, literasi lintas mata pelajaran,

Abstract

Bahasa yakni alat bantu yang memudahkan manusia berkomunikasi atau berinteraksi. Siswa perlu memiliki keterampilan berbahasa yang baik agar dapat mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaannya. Keterampilan berbahasa terdiri dari mendengarkan (menyimak), berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan literasi juga kini disebut dengan istilah “multiliterasi’ yang dimaknai sebagai keterampilan menggunakan menggunakan beragam cara untu menyampaikan ide-ide atau pehamaman dari hasil olah informasi dari berbagai jenis teks, media, system symbol untuk memaksimalan potensi belajar yang ada pada siswa sebagai bentuk peran aktif dan mengikuti perkembangan teknologi dalam lintas mata pelajaran. Keterampilam literasi tidak hanya diterapkan saat mata pelajaran bahasa, melainkan pada setiap mata pelajaran atau disebut dengan literasi lintas mata pelajaran. Salah satu cara menerapkan literasi lintas mata pelajaran adalah dengan menggunakan strategi literasi: sebelum membaca, selama membaca, dan setelah membaca. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang. Kelas V terdiri dari 16 siswa. Perlakuan diberikan selama tiga pekan. Literasi lintas mata pelajaran dengan strategi literasi sebelum, selama, dan setelah membaca dapat membantu mejaga minat membaca siswa. Siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan mengakses berbagai macam sumber bacaan. Literasi lintas mata pelajaran dengan strategi literasi sebelum, selama, dan setelah membaca dapat mengoptimalkan keterampilan berbahasa siswa. Siswa diberikan ruang untuk mengoptimalkan kemampuan berbahasanya dengan berbagai bentuk hasil belajar untuk menyampaikan ide dan gagasan yang ada dipikiran mereka.

References

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, R. I. (2018). Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama.

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Gondrong 2. Edisi : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3, 243–252.

Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Zifatama Publisher.

Monica, R., Wawan, K., & Nurachmana, A. (2023). Implementasi Literasi Di Sekolah Dasar. 1(1).

Ni Nyoman Padmadewi, Dan L. P. A. (2018). Literasi Di Sekolah Dari Teori Ke Praktik. Bali:Nila Cakra Publishing House.

Riadul Azimah, O. K. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Kelas Tinggi. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran) Volume 3 Nomor 4 Juli 2019 | Issn Cetak : 2580 - 8435 | Issn Online : 2614 - 1337, 3, 934–947. Https://Doi.Org/:. Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i4.7567 .

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Siti Sulistyani Pamuji, Dan I. S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta: Guepedia.

Umrati, Dan H. W. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Witdianti, Y. (2018). Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Program. Prosiding Pekan Seminar Nasional (Pesona), 100–109.

Yunus Abidi, Tita Mulyati, Dan H. Y. (2021). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles