Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 3 Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif

Authors

  • Titin Purnamasari Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Khaerudin Khaerudin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.874

Keywords:

kemampuan membaca, pembelajaran kooperatif, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3 melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 di SDN 23 Mataram, yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan membaca, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran kooperatif. Peningkatan tersebut terlihat dari rata-rata nilai tes membaca yang lebih tinggi pada siklus II dibandingkan siklus I, serta meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme yang lebih besar dalam bekerja sama, berdiskusi, dan saling membantu memahami materi bacaan. Dengan demikian, strategi pembelajaran kooperatif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3. Strategi ini direkomendasikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca di sekolah dasar.

References

Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 5287-5294.

Dechant, E. (2013). Understanding and teaching reading: An interactive model. Routledge.

Gillies, R. M. (2016). Cooperative learning: Review of research and practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 39–54. https://doi.org/10.14221/ajte.2016v41n3.3

Kagan, S. (1994). Cooperative learning. San Juan Capistrano, CA: Kagan Publishing.

Matondang, A. H., Abdullah, B. M., Widia, F., Ramadani, N., & Melisa, W. (2023). Analisis Kesulitan Membaca di Kelas Rendah. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 82-91.

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 5(2).

Slavin, R. E. (2011). Instruction based on cooperative learning. In R. E. Mayer & P. A. Alexander (Eds.), Handbook of research on learning and instruction (pp. 344–360). New York: Routledge.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds.). Cambridge, MA: Harvard University Press.

Published

2025-08-19

Issue

Section

Articles