Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Belajar Kognitif Jean Piaget Tahap Operasional Konkret Siswa Kelas 3 SD
Authors
I Gede Adi Sanjaya , Ni Ketut Suarni , I Gede MargunayasaDOI:
10.29303/goescienceed.v5i1.679Published:
2024-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2024): FebruaryKeywords:
Teori Belajar, Media Digital, Hasil BelajarAbstract
Minimnya pengetahuan guru tentang teori belajar kognitif menjadi salah satu hal yang harus diberikan perhatian dengan lebih oleh seorang guru, sehingga guru tidak bisa memberikan tindakan yang tepat untuk peserta didiknya. Implementasi media pembelajaran digital dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siswa yang masih berada pada tahap operasional konkret menurut teori Belajar Jean Piaget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap siswa sekolah dasar ditinjau dari teori Belajar kognitif tahap operasional konkret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan. Dari hasil studi pustaka, ditemukan pengaruh media digital terhadap hasil Belajar peserta didik. Media pembelajaran digital dapat mempengaruhi hasil Belajar peserta didik yang masih berada pada tahap operasional konkret. Pengaruh persebut muncul dikarenakan siswa yang berada pada teori Belajar kognitif tahap operasional konkret memerlukan benda-benda nyata untuk Belajar, namun tidak semua sekolah dapat mengakomodasi hal tersebut, sehingga media pembelajaran digital dapat menjadi solusinya. Media pembelajaran digital diharapkan mampu menggantikan benda-benda konkret tersebut dalam proses pembelajaran. Meskipun tidak bisa dirasakan secara langsung, setidaknya media tersebut bisa memvisualisasikan apa yang dimaksudkan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga siswa yang berada pada tahap operasional konkret ini kebutuhannya terakomodasi oleh media pembelajaran digital tersebutReferences
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Ahyani, H. (2020). PENDIDIKAN ISLAM DALAM LINGKUP DIMENSI SOSIO. 1(1), 273–288.
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300
Andriyani Siti Komalasari, D. R. (2023). EDUKASI MANFAAT LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI SMK PGRI 3 BOGOR Andriyani. Jurnal Pengabdian Masyarakat Uika Jaya, 1(2), 82–92.
Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2022). Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas : Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 66–71.
Asmi, A. R., Dhita, A. N., & Supriyanto. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 3(1), 49–56.
Azizah, Rahman, A., & Ma’as, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Luring terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1743–1749.
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497
Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324–9332. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287
Febriza, M. A., Adrian, Q. J., & Sucipto, A. (2021). Penerapan Ar Dalam Media Pembelajaran Klasifikasi Bakteri. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 11(1), 10–18. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12076
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Ilham, B. U. (2022, May). Harbuknas 2022 : Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 negara - Portal Bisnis KUMKM.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Kurniawan, M. R., & Rahman, Y. A. (2019). TEORI BELAJAR KOGNITIF Membedah Psikologi Belajar Jean Piaget. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 1–10.
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat PembelajaranNingrum, A. S. (2022) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar )’, in PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, pp. 166–177. doi: 10.34007/ppd.v1i1.186. Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186
Nurtaniawati. (2019). Peran guru dan media pembelajaran dalam menstimulasi perkembangan kognitif pada anak usia dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 15. https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p1-20.315
Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2), 121. https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404
Pradana, Y. G. (2021). APPLICATION OF THE THK PHILOSOPHY IN EMPOWERING TONJA SOCIETY IN DENPASAR. 01(02), 61–71.
Pranoto, E., Sanjoto, T. B., & Suroso. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual Digital pada Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Edu Geography, 10(1), 59–65. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/13748
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rosyana, A., Ilhamdi, M. L., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 302–309. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2473
Ruhaliah, dkk. (2020). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar” Bagi Guru Bahasa Sunda Di Kota Sukabumi. Dimasatra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 42–55. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra/article/view/30157
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal BASICEDU, 6(4), 3(2), 524–532.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Wahyuni, T., Uswatun, N., & Fauziati, E. (2023). Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Kognitivisme Jean Piaget. Tsaqofah, 3(1), 129–139. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.834
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Wilya, A. R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Digital untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 449–454.
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.