Peningkatan Pemahaman dan Keaktifan Peserta Didik Melalui Penggunaan Aplikasi Baamboozle Matematika Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.636Keywords:
Baamboozle, Matematika, Keaktifan, Pemahaman KonsepAbstract
Proses pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar kerap kali menghadapi tantangan yang cukup besar, terutama dalam meningkatkan pemahaman dan keaktifan peserta didik. Salah satu alternatif yang dapat menjawab tantangan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi pendidikan berbasis aplikasi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan peserta didik kelas IV di SDN 46 Ampenan dalam pembelajaran matematika peneliti menggunakan aplikasi Baamboozle. Pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) diterapkan dalam dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar, wawancara dengan peserta didik, serta tes pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Baamboozle dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pecahan dengan rata-rata kenaikan nilai dari 65 pada pra-siklus menjadi 85 pada siklus kedua. Selain itu, tingkat keaktifan peserta didik meningkat secara signifikan hingga mencapai 90%. Dengan hasil ini, aplikasi Baamboozle dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran inovatif yang efektif dan menyenangkan di sekolah dasar.
References
Anugrah, Muhammad. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: LeutikaPrio.
Fasha, C. A., et al. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417-424.
Fauziah, D. N. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 27-34
Hanifah, Nurdinah. (2021). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya (Cetakan ke-2). Bandung: UPI Press.
Kristiawan, M., et al. (2018). Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing.
Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.
Wulandari, A., & Salsabila, A. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 2(2), 1-6.
Wulandari, A., et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Ulum, Z. M., & Kusmaharti, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Berbantuan Game Baamboozle terhadap Pemahaman Konsep Matematis Luas Bangun Datar Kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 225-234.
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-13 (2)
- 2025-01-12 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.