Desain Model Pembelajaran Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun Berbasis Teknologi Interaktif Multisensori
Authors
Windy Rahmania Octaviani , Alya Tara Putri , Afina Rosmalia , Kurniawati Astuti , Baiq Nunike Sulvia Dewi , Siti IstiningsihDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.624Published:
2024-01-09Issue:
Vol. 6 No. 1 (2025): In PressKeywords:
model pembelajaran, literasi, anak usia dini, teknologi, interaktif multisensoriAbstract
Literasi awal merupakan fondasi penting bagi pengembangan kemampuan membaca dan menulis anak usia dini, yang berperan besar dalam keberhasilan belajar di jenjang pendidikan berikutnya. Namun, rendahnya tingkat literasi anak usia dini di Indonesia menuntut adanya inovasi dalam model pembelajaran yang mampu memaksimalkan potensi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain model pembelajaran literasi awal berbasis teknologi interaktif multisensori yang dirancang untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Labuapi. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelompok B1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi multisensori yang mengintegrasikan stimulasi visual, auditori, kinestetik, dan taktil dapat meningkatkan kemampuan literasi awal anak secara signifikan. Aktivitas seperti menonton video edukatif, diskusi interaktif, dan membuat cap huruf berbasis pengalaman langsung, terbukti efektif dalam menstimulasi keterampilan bahasa, motorik halus, serta kreativitas. Model ini juga menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi untuk mendukung pencapaian literasi awal anak secara optimal.References
Abbas, S. N. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Multisensori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qur’an Hadits Peserta Didik di MTs PERGIS Campalagian (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Amalia, D. P. (2022). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Literasi Dasar pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Aidin, Kota Dumai Tahun 2021/2022) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Aulansari, S., Amelia, D., Pradika, A. R., & Ikhwan, A. (2022). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini pada TKIT Ilmi Khoir. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 364-367.
Faruq, F., & Pratisti, WD (2022). Model Pembelajaran Multisensori bagi Anak Disleksia, Efektif: Tinjauan Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru , 7 (3), 243-248.
Handoko, H., & Novitasari, K. (2019). Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(02), 64-72.
Hasanah, F. F. (2023). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Literasi Digital untuk Anak Usia Dini. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 83-100.
Maulida, D. N., Kusna, S. L., & Puspitasari, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Koper Literasi untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 568-579.
Meilina,Cahaya & Lestari. (2023). Model Pembelajaran Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABCD School. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal.
Munawar, B. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbatuan Aplikasi Comic Life 3 Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Pedagogik, 4(2), 163- 177.
Munawar, B. (2020). Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Berupa Animasi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 93-104.
Novitasari & Handoko (2019). Pengembangan Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Stimulasi
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50-56.
Novitasari, K., & Handoko, H. (2019). Pengembangan model multisensori berbasis teknologi multimedia untuk stimulasi kemampuan literasi anak 5-6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 38-48.
Novitasiari, K. & Utami, N.R. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Multisensori untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. Jurnal Cikal Cendikia. Vol.2 No.2.
Nurfalah, F., Darnia, S. W., Syawali, W., & Putri, S. U. (2013). Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Menstimulus Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. NBER Working Papers, 2 (2), 89. http://www. nber. org/papers/w16019.
Puspitaningrum, D. & Indrawati, T. (2023). Desain Model Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini Berbasis Literasi Humanis. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya. Vol.13 No.2
Rachmawati, et al. (2021). Aktualisasi Whole Language sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol.8 No.2
Rahmawati, F. & Nawangsari, N.A.F. (2022). Pengaruh Metode Bottom-Up Processes Reading dengan Media Kartu terhadap Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan
Ramadhani, A., Wardani, S., & Samsiar, S. (2024). Pemanfaatan Gadget sebagai Teknologi Digital sebagai Strategi dalam Meningkatkan Potensi Berbahasa Anak Usia Dini. Journal on Teacher Education, 5(3), 38-46.
Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi , 42 (1), 47-60.
Simanjuntak, G. M., Widyana, R., & Astuti, K. (2020). Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Usia Pra-Sekolah. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 51-54.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan media video pembelajaran tematik anak usia dini 5-6 tahun berbasis kearifan lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.
Suryani, A. S. (2019). Pendekatan Multisensori dalam Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Kelompok B5 Tk Islam Tunas Melati Yogyakarta.
Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72-80.
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.