Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Komponen CASEL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X.11 SMA Negeri 1 Mataram

Authors

  • Riani Olivia Universitas Mataram
  • Arjudin Arjudin Universitas Mataram
  • Rumansyah Rumansyah Universitas Mataram
  • Uswatun Hasanah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistika melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan komponen CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning) di kelas X.11 SMAN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dari pra-siklus hingga siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 80,162 pada pra-siklus menjadi 84,594 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat dari 54,054% pada pra-siklus menjadi 94,594% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan integrasi CASEL tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga dalam mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting. Kesimpulannya, model PBL yang diintegrasikan dengan CASEL dapat meningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

References

Ghodang, H. (2020). Konsep dan Praktik dalam Penelitian. Medan: Mitra Group.

Ira, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantukan Media Video Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 21 Gowa. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2). 667-672. Doi: https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.678.

Komariyah, S. & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2). 55-60. Doi: https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523 .

Nirmalawati, H. & Fathani, A.H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema Journal, 5(2). 312-324. Doi: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3576 .

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2). 144-159. Doi: https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955 .

Siti, A. S., & Siti, R. (2021). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Managemen Operasional di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(2). 439-445. Doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1074 .

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti, R. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289-302. Diakses pada https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076 .

Tatang, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(4). 730-747. Doi: https://doi.org/10.58344/jmi.v2i4.204 .

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Olivia, R., Arjudin, A., Rumansyah, R., & Hasanah, U. . (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Komponen CASEL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X.11 SMA Negeri 1 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 311–317. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.548

Issue

Section

Articles