Implementasi Teori Belajar Behavioristik B.F Skinner dalam Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar TaQu Cahaya Ummat Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.537Keywords:
Teori behavioristik, B.F. Skinner, motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI), Sekolah DasarAbstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi teori belajar behavioristik B. F Skinner dalam memotivasi belajar siswa di SD TaQu Cahaya Ummat Mataram. Jenis penelitian ini merupakan sebuah penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meilputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan SD TaQu Cahaya Ummat Mataram. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwasannya di SD TaQu Cahaya Ummat Mataram telah menerapkan teori belajar behavioristik B. F Skinner dalam memotivasi peserta didik pada pembelajaran PAI. Dalam penerapannya guru menerapkan teori belajar behavioristik B. F Skinner ini sesuai dengan prinsip prinsip umum yang harus ada pada penerapan teori belajar ini. Diantaranya guru PAI menerapkan penguatan positif (reward), penguatan negatif (punishment) dan pengulangan dalam mengajarkan materi PAI. Dalam penerapan penguatan positif guru memberikan nilai tambahan, stiker bintang sehingga peserta didik antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran PAI didalam kelas. Sedangkan dalam penguatan negatif guru menerapkan hukuman berupa edukasi ringan bersifat edukatif kepada peserta didik yang kurang memperhatikan guru dalam proses pembelajaran PAI. Pada prinsip pengulangan guru sering memberikan pengulangan materi yang telah diajarkan, sesuai dengan prinsip operant conditioning dari Skinner yang menekankan pengulangan perilaku yang diperkuat.References
Addaeroby, M. F., & Febriani, E. (2024). Application Of Skinner’s Behaviorist Learning Theory In Learning Arabic Speaking Proficiency/Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Maharah Kalam. Jurnal Bahasa Arab, 1(1), 33–42.
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. CV Abe Kreatifindo.
Citriadin, Y. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Suatu Pendekatan Dasar. Mataram: Sanabil.
FATIMA, S. (2023). PENGARUH KETERAMPILAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 50 KOTA BENGKULU. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Harmi, H. (2022). Model pembelajaran pendidikan agama islam berbasis moderasi beragama. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(2), 228–234.
Hilmi, H. (2022). Layanan bimbingan konseling islam individu dengan teknik shapping dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus. IAIN KUDUS.
Khakim, L. (2012). Penerapan Model Reward Dan Punishment Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I.
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan teori belajar dengan teknologi pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486.
Oktavia, L., & Maemonah, M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik BF Skinner dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 5(1), 53–61.
Prambudi, S., & Hoiriyah, N. (2020). Penerapan Teori Operant Conditioning BF Skinner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2), 58– 66.
Ratnasari, H. I., & Mustofa, T. A. (2024). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik melalui Reward dan Punishment di SMPN 1 Nguntoronadi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1663–1671.
Ridwani, A. A. (2019). Implikasi dan implementasi teori behaviorisme menurut burrhus frederic skinner dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Instiut Agama Islam Negeri (IAIN), 116.
Rohman, F. (2018). Peran pendidik dalam pembinaan disiplin siswa di sekolah/madrasah. Ihya Al- Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).
Rosyid, A., & Wahyuni, S. (2021). Metode reward and punishment sebagai basis peningkatan kedisiplinan siswa Madrasah Diniyyah. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137–157.
Sulaeman, N. A. (n.d.). Implementasi Teori Belajar Operant Conditioning BF Skinner dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Fatahillah Jakarta. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Suyadi, S. (2021). Penerapan teori belajar behavioristik Skinner dalam pembelajaran baca tulis Al- Qur’an. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 177–192.
Uno, H. B. (2023). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Bumi Aksara.
Zuhri, A. M. (2020). Hukuman Dalam Pendidikan Konsep Abdullah Nasih ‘Ulwan Dan Bf Skinner.Ahlimedia Book.