Peningkatan Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas II A SDN 44 Ampenan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Arantiya Putri Ananda Universitas Mataram
  • Ahmad Busyairi Universitas Mataram
  • Novalia Andriyani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.447

Keywords:

kemampuan menulis, media gambar, pembelajaran bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan kemampuan menulis peserta didik kelas II A dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan dan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II A SDN 44 Ampenan yang terdiri dari 20 peserta didik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes menulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis peserta didik setelah menggunakan media gambar. Pada pra-siklus, tingkat keberhasilan mencapai 40% dengan rata-rata nilai 68,75. Pada siklus pertama, tingkat keberhasilan meningkat menjadi 65% dengan rata-rata nilai 79,25. Pada siklus kedua, tingkat keberhasilan mencapai 85% dengan nilai rata-rata 86,50. Temuan ini mengindikasikan bahwa media gambar efektif dalam membantu peserta didik mengembangkan ide, memilih kata yang tepat, dan menyusun kalimat dengan lebih baik.

References

Achmad, H. (2018). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 41-47.

Arsyad, A. (2012). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bay, R. R. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui pembelajaran saintifik dengan menggunakan media gambar foto di kelas V Sekolah Dasar Negeri Boameze. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 83-92.

Dewi, A. C., Saputra, G. A., Ain, N., & Rifki, A. (2023). Penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(5), 1032-1043.

Diah, K., & Wulandari, A. (2015). Peranan bahasa dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Indonesia, T. R. K. B. B. (2018). Kamus besar bahasa Indonesia.

Iskandarwassid, D. S., & Sunendar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2010). The action research planner. Geelong: Deakin University.

Mahsusi, J., Mustajib, A., Yeni, M., & Salmiati, S. (2023). Meningkatkan keterampilan menulis cerita menggunakan media gambar pada anak-anak usia 9-12 tahun di Taman Baca Masyarakat Hamfara Tembilahan. CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 13-18.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Mutiaratri, R. L., Wijayanti, T. S., & Merta, I. W. (2024). Peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi menggunakan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) di kelas X-B SMA 1 Labuapi tahun ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 199-204. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1821.

Sanita, S., Marta, R., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan metode pembelajaran field trip. Journal on Teacher Education, 2(1), 239-246.

Santosa, P., & Jaruki, M. (2016). Mahir berbahasa Indonesia baik, benar, dan santun. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sujana, I. M. (2010). Workshop penelitian tindakan kelas. Lombok: Arga Puji Pres.

Downloads

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles